Home  »  Opinion   »  
Opinion

Optimisasi SEO pada Facebook Fanpage dan Google for Business

[Foto: pexels.com]
Jauh sebelum internet booming, bisnis terlebih dulu ada. Bisnis memiliki beragam varian dan ukuran. Bisnis sebenarnya tidak selalu berskala besar. Sejak dulu, bisnis dengan ukuran kecil tetap saja ada. Mahasiswa yang membuka usaha kafe, orang yang menjual buku-buku bekas, atau ibu rumah tangga yang membuka toko kelontong. Semua bentuk bisnis itu telah kita akrabi sejak berpuluh-puluh tahun lalu.

Hanya saja kehadiran internet memang kemudian mengubah banyak hal. Kemudian, sebagai generasi yang tumbuh besar ketika internet sudah sangat berkembang, kita sudah semestinya bersyukur dan berterima kasih. Sebab, kehadiran internet memang pada akhirnya memudahkan banyak hal, termasuk bisnis.

Jika dulu bisnis hanya terbatas pada customer di sekitar, promosi dari mulut ke mulut, atau harus mengeluarkan budget tinggi untuk beriklan, kini dengan internet semua itu dipermudah. Bisnis di Surabaya akan dengan mudah menemukan customernya di Makassar. Restoran yang berlokasi di pojokan Kabupaten Bantul akan dengan mudah ditemukan oleh wisatawan dari Belanda yang berkunjung ke Jogja.

Internet menyediakan berbagai fasilitas yang membuat bisnis dalam skala apapun bisa berkembang. Tak hanya bertransaksi secara online, internet mampu mengintegrasikan customer online dan offline untuk sama-sama memberikan hasil pada bisnis. Terlebih kemudian muncul berbagai media sosial yang semakin mempermudah bisnis untuk lebih dikenal masyarakat luas secara murah dan praktis.

Dalam artikel ini, Facebook Fanpage dan Google for Business akan dibahas mempertimbangkan beberapa hal. Salah satunya karena Facebook merupakan media sosial dengan user terbanyak di Indonesia, bahkan di seluruh dunia. Sementara Google for Business dipilih karena hampir semua pengguna internet sepertinya menggunakan Google sebagai search enginenya.


Membuat halaman Facebook dan juga Google for Business adalah beberapa pilihan yang menarik untuk dilakukan setiap pemilik bisnis. Keduanya memungkinkan bisnis untuk lebih dikenal customer. Namun, tak berhenti pada pembuatan halaman, business owner harus melakukan optimisasi agar bisnisnya muncul ketika user mencari produk yang ditawarkan.

Facebook

Jika Anda menggunakan Facebook untuk bisnis Anda, satu hal yang harus Anda lakukan adalah melakukan optimisasi SEO agar Facebook Anda muncul di search engine. Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan, salah satunya adalah mengatur URL yang ada pada fanpage sesuai dengan nama fanpage Anda. Anda juga harus memastikan nama fanpage Anda adalah nama brand yang memenuhi unsur-unsur sebuah brand. Nama itu harus cukup mudah diingat, menunjukkan karakter brand Anda, dan juga memenuhi unsur ketentuan pengguna Facebook tentu saja.

Perlu Anda ketahui bahwa dalam Facebook Fanpage sebenarnya jumlah likers tidak selalu berbanding lurus dengan performa SEO. Begitu pula dengan jumlah engagement. Hanya saja engagement yang tinggi memang memungkinkan halaman Anda akan muncul lebih sering pada feed Facebook dibandingkan jika tidak ada engagement sama sekali.

Google for Business

Google for Business merupakan salah satu produk andalan dari Google yang berfungsi untuk memperkenalkan bisnis kepada customer yang menggunakan Google Search Engine. Melalui Google for Business, business owner dapat membuat satu halaman untuk bisnisnya, lengkap dengan berbagai informasi yang dibutuhkan oleh customer. Yang istimewa, seperti halnya produk Google lainnya, Google for Business juga dibuat terintegrasi dengan berbagai produk lain yang berfungsi untuk membantu customer, misalnya Google Maps.

Hal pertama yang harus dilakukan oleh pemilik bisnis dalam upaya optimisasi SEO adalah mengklaim halaman itu sebagai miliknya. Entah bisnis itu sudah ada di dalam map atau belum, Anda perlu melakukan klaim untuk menunjukkan kepemilikan sekaligus validasi. Anda juga harus memastikan informasi yang tertulis dalam halaman tersebut sudah lengkap dan benar. Selanjutnya, Anda bisa menambahkan berbagai foto yang menunjukkan bisnis Anda, seperti misalnya foto produk, interior toko, atau suasana di sekitar tempat bisnis Anda berada.

Dengan menggunakan Google for Business, Anda bisa mengetahui insight perihal customer Anda. Halaman ini juga sekaligus menjadi penghubung antara customer online dan online yang dimiliki oleh bisnis Anda.