Home  »  Tips & Guide   »  
Tips & Guide

Panduan Hijrah Dari Perangkat Windows 10 Mobile ke Android

 

[Foto: techradar.com]
Apakah Anda adalah seorang pengguna Windows 10 Mobile yang ingin beralih ke sistem operasi Android? Tenang saja, kami ada di sini untuk memadu Anda. Salah satu kelebihan dari Android sendiri adalah sistemnya yang sangat terbuka. Anda bisa saja beralih menggunakan ponsel Android, namun Anda masih bisa menemukan banyak software Microsoft di dalam Play Store. Lagi pula, kenapa Anda harus merelakan layanan yang Anda sukai hanya karena Anda menggunakan sistem operasi yang berbeda, bukan?

Berikut ini langkah-langkah pertama bagi Anda yang ingin melakukan transisi dari perangkat Windows  10 Mobile ke perangkat Android.

Buat akun Google terlebih dahulu. Jika Anda hijrah ke perangkat Android, maka mau tak mau Anda harus menggunakan akun Google. Tanpa memiliki akun Google, Anda tidak akan bisa masuk ke dalam ponsel Android Anda atau mengunduh aplikasi untuk perangkat Android yang Anda miliki. Selain gratis, membuat akun Google baru itu sangatlah mudah dan cepat, tidak sampai 5 menit juga Anda sudah bisa memiliki sebuah akun Google. Untuk mendapatkan akun Google baru, silahkan kunjungi halaman Sign Up berikut ini.

Unduh aplikasi Microsoft pada ponsel Anda. Tidak bisa berpindah hati dari layanan Microsoft? Tidak perlu khawatir, Android menyediakan serangkaian aplikasi Microsoft yang bisa Anda gunakan pada perangkat Android Anda. Untuk mempermudah navigasi, gunakan aplikasi Microsoft Apps yang berisi aplikasi-aplikasi Microsoft yang tersedia bagi perangkat Android Anda. Dengan begini, Anda tidak perlu repot mencari satu per satu aplikasi Microsoft yang didukung oleh perangkat baru Anda.


Pindahkan kontak Anda ke Google. Pada akhirnya, inilah tujuan utama Anda memiliki sebuah ponsel: untuk berkomunikasi. Untuk itu, penting bagi Anda untuk menyelamatkan kontak Anda dan memindahkannya ke dalam ponsel Android Anda. Cara yang paling mudah adalah dengan menggunakan layanan Outlook pada web, kemudian mengekspor seluruh database kontak Anda sebagai file CSV. Ini dia caranya:

  1. Log in ke Outlook.com.
  2. Masuk ke People.
  3. Klik dropdown manage.
  4. Pilih opsi export contacts.
  5. Klik export. Semua kontak Outlook Anda akan disimpan ke dalam sebuah dokumen yang bisa diimpor ke akun Google Anda. Ini adalah alasan mengapa Anda harus memiliki akun Google sebelum Anda memiliki ponsel baru, karena Anda bisa tinggal sign in ke Google dan semua kontak Anda sudah tersimpan rapi di sana.

Mengimpor kontak Anda ke dalam akun Google juga sangatalah mudah:

  1. Masuk ke contacts.google.com.
  2. Sign in dengan akun Google Anda.
  3. Klik more.
  4. Klik import kemudian pilih data CSV yang telah Anda buat sebelumnya. Setiap kontak baru yang Anda masukkan ke ponsel Android Anda bisa disinkronisasikan pada semua perangkat Android yang Anda miliki dengan bantuan akun Google.

Gunakan Cortana. Cortana mungkin tidak secerdas di Windows jika digunakan di Android, tapi fitur ini cukup berguna juga. Di Android, Anda bisa menggunakan Cortana untuk mengsinkronisasi notifikasi ke PC Anda, yang akan cukup berguna. Lalu, berhubung Anda sign in dengan menggunakan akun Microsoft Anda, semua hal yang telah Anda setel dengan Windows juga akan tersedia. Unduh Cortana untuk Android di sini.