Home  »  Tips & Guide   »  
Tips & Guide

Panduan Orang Tua: Amankah WhatsApp Ketika Digunakan oleh Anak Saya?

[Foto: Shutterstock]
Tak bisa dipungkiri, WhatsApp adalah aplikasi pesan singkat paling populer yang ada saat ini. Aplikasi ini memiliki lebih dari 1 miliar pengguna di 180 negara, menawarkan kombinasi pesan teks dengan kemampuan untuk mengirim berbagai hal, mulai dari foto, video khingga  dokumen. Beberapa fitur tambahan membuat WhatsApp semakin diminati, seperti kemampuan untuk melakukan panggilan video dan suara.

Namun seperti halnya aplikasi dengan kemampuan berbagi informasi, ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebagai orang tua, jika anak-anak Anda menggunakan WhatsApp. Untuk memahaminya, mari kita lihat dan pelajari fakta-fakta mengenai aplikasi pesan teks tersebut.

Apa itu WhatsApp?

WhatsApp adalah aplikasi pesan singkat yang dinamai sesuai frase “What’s up?” Dengan aplikasi ini, Anda bisa berkirim pesan teks dengan lebih cepat, lebih mudah, dan memungkinkan pengguna untuk berbagi foto, video, bahkan dokumen dengan cepat. Aplikasi ini memadukan beberapa elemen aplikasi video seperti FaceTime, seperti kemampuan untuk membuat video atau panggilan suara.

Instalasinya juga cukup sederhana. Pengguna hanya tinggal mengonfirmasi nomor telepon mereka dan mereka bisa mulai menggunakannya. Aplikasi ini memanfaatkan kontak telepon Anda, sehingga Anda menambahkan teman, keluarga, dan orang lainnya sesuai dengan kontak pada smartphone Anda. Pesan dienkripsi dari ujung ke ujung, yang berarti hanya pengirim dan penerima yang dapat melihatnya.

Seberapa populer?


WhatsApp secara konsisten terus berada di antara 25 aplikasi keseluruhan teratas di Apple App Store dan Google Play selama setahun terakhir, menurut data dari perusahaan analisis App Annie. Selain iru, WhatsApp juga merupakan aplikasi jejaring sosial terpopuler ketiga di App Store, di belakang Facebook Messenger dan Facebook. (Sebagai catatan, Facebook merupakan pemilik WhatsApp).

Mengapa WhatsApp (WA) begitu populer?

Salah satu manfaat utama aplikasi ini adalah kemampuan untuk melakukan panggilan suara atau video menggunakan data, bukan pulsa. Jika berlangganan paket Internet, Anda bisa mengirim pesan dan berbicara tanpa batas. Tapi bagi Anda yang memiliki batasan kuota atau SMS, WhatsApp dapat membantu Anda menghemat sedikit uang.

Aplikasi ini juga mudah dipasang dan digunakan. Jika Anda merasa nyaman dengan pesan teks, maka WhatsApp seharusnya tidak menjadi masalah. Ada juga fitur keren seperti siaran, di mana Anda bisa mengirim pesan ke sekelompok orang, tapi mereka hanya bisa merespon pengirimnya.

Haruskah saya khawatir ketika anak-anak saya menggunakannya?

Seperti pesan teks dan pesan gambar, yang harus diperhatikan apa yang anak-anak Anda bagikan. Apakah percakapannya menyenangkan dengan teman, atau adakah percakapan dan kiriman yang tidak pantas untuk usia mereka? Satu kelebihan WhatsApp adalah, aplikasi ini terkait dengan nomor ponsel Anda. Tidak seperti aplikasi chat atau media sosial lainnya, orang-orang di Internet tak bisa mencari pengguna secara acak. Kecuali anak Anda dengan bebas “mengumumkan” nomor telepon mereka, sulit untuk menemukan mereka secara acak. Jadi aplikasi ini dinilai cukup aman dan terkontrol.

Bagaimana saya bisa melindungi mereka?

Bicaralah kepada anak-anak Anda mengenai siapa saja yang boleh mengakses nomor telepon mereka, dan kemukakan alasannya. Pastikan mereka mengetahui batasan yang ada, dan pada siapa mereka bisa memanggil atau mengirimkan pesan.

Selain itu, bicarakan dengan anak-anak Anda tentang apa yang mereka bagikan dengan teman mereka. Diskusikan informasi macam apa yang tepat untuk dibagikan dengan teman.

WhatsApp juga dilengkapi pengaturan privasi untuk membiarkan pengguna memutuskan apakah akan menampilkan informasi seperti foto profil, bio, status atau terakhir mereka di WhatsApp. Pilihannya adalah Everyone, My Contacts atau Nobody.