Home  »  Tips & Guide   »  
Tips & Guide

PC Windows 10 Anda Lemot? Matikan Efek Visual untuk Mengatasinya

[Gambar: computershopper.com]
PC Windows 10 Anda lemot? Sebenarnya, banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasinya. Salah satunya adalah dengan cara mengurangi penggunaan system resource. Misalnya, dengan cara menutup aplikasi yang tidak Anda gunakan pada saat ini, atau mungkin menonaktifkan backround service maupun visual effect.

Sama seperti pendahulunya, Windows 10 juga dijejali dengan berbagai macam efek visual yang secara default diaktifkan oleh Windows. Mulai dari animasi Windows, bayangan di bawah kursor, aero peek, bayangan di bawah ikon desktop, hingga animasi taskbar sendiri merupakan efek visual yang diberikan Windows 10. Oleh karena itu, tidak heran jika PC yang memiliki RAM terbatas (terutama di bawah 4GB) biasanya sedikit kelimpungan dengan banyaknya efek visual ini. Jadi, jika PC Windows 10 Anda berjalan lambat, Anda bisa menonaktifkan efek visual untuk meningkatkan performa. Tergantung RAM pada PC Anda, menonaktifkan efek visual bisa memberikan efek yang cukup signifikan pada performa Windows 10. Menonaktifkan semua maupun sebagian efek visual pada Windows 10 sangatlah mudah. Anda tidak perlu mengedit registry atau file system untuk melakukannya.


Menonaktifkan efek visual di Windows 10 untuk meningkatkan performa

Berikut ini cara untuk menonaktifkan efek visual Windows untuk meningkatkan performa PC Windows 10 Anda.

Langkah 1: Pada kolom pencarian Start/taskbar, ketikkan Sysdm.cpl kemudian tekan tombol Enter untuk membuka kotak System Properties.

Langkah 2: Masuk ke tab Advanced. Pada bagian Performance, klik tombol Settings. Lalu, akan muncul kotak Performance options.

Langkah 3: Pada halaman ini, pilih opsi Adjust for best performance jika Anda ingin menonaktifkan semua efek visual dan mendapatkan performa sistem yang terbaik. Selanjutnya, klik tombol Apply. Jika Anda ingin tetap menggunakan beberapa atau sebagian efek visul tertentu, pilih opsi Custom. Beri tanda centang pada efek visual yang ingin Anda tetap gunakan, dan lakukan sebaliknya jika Anda ingin menonaktifkannya. Klik Apply untuk menerapkan.

Harap diingat, ketika Anda menonaktifkan efek visual, biasanya font pada PC Anda akan terlihat sedikit berbeda. Jika Anda ingin mengembalikannya pada font yang original, pilih opsi Smooth edges of screen fonts, kemudian klik Apply.