Opinion

Peluang Startup Kuliner di Indonesia

[Foto: pixabay.com]
[Foto: pixabay.com]
Bermunculannya startup dalam berbagai bidang di Indonesia membuka banyak sekali peluang untuk jenis-jenis usaha baru berbasis digital. Salah satu sektor yang kini tengah banyak dinikmati adalah startup di bidang kuliner. Sejak dulu hingga saat ini, bisnis di sektor kuliner memang tidak pernah ada matinya. Hal ini dikarenakan kuliner merupakan salah satu kebutuhan paling pokok bagi setiap orang. Bagi masyarakat urban di perkotaan sendiri bahkan kuliner menjadi semacam gaya hidup dan salah satu bentuk hiburan yang paling mudah diakses. Kuliner tidak hanya sebatas pada urusan perut, tetapi juga menyangkut ke kehidupan sosial.

Untuk menanggapi tren ini wajar jika kemudian di Indonesia banyak bermunculan startup yang bergerak di bidang kuliner. Dari mulai startup yang produknya menyediakan review kuliner hingga fasilitas catering, semua tersedia. Secara umum, ada dua pokok bidang yang digeluti oleh pelaku startup di bidang kuliner, yakni informasi dan jasa layanan. Bidang informasi terdiri atas beberapa produk seperti startup yang menyediakan informasi resep, informasi restoran terdekat, hingga informasi restoran recommended. Sementara, startup bidang jasa kuliner meliputi catering hingga fasilitas booking restoran favorit.

Dari Resep Memasak Hingga Restoran Recommended

Meski berbagai restoran tersebar di Indonesia dan dapat dengan mudah didapatkan dengan berbagai cara, dari mulai beli langsung hingga delivery, tetapi di Indonesia, hasrat orang untuk memasak tetaplah ada. Dengan berbagai alasan seperti masak sendiri lebih higienis atau lebih ekonomis, tentunya hal ini menjadi peluang bagi startup yang ingin membuka bisnis terkait hal ini.

MasakApa menjadi salah satu startup paling populer terkait dengan hal tersebut. Aplikasi ini menyediakan banyak informasi seputar resep masakan hingga tips memasaknya. Bentuk penyampaiannya pun tergolong unik karena tidak hanya sebatas pada teks, tetapi juga video tutorial memasak. Dengan begitu, user tidak hanya dapat membayangkan, tetapi juga melihat praktiknya secara langsung. Selain MasakApa, ada pula Cookpad dan SajianSedap yang bergerak dalam bidang serupa.

Startup kuliner di bidang informasi tak hanya sebatas sampai sana. Bagi user yang tidak memilki waktu atau kemampuan cukup untuk memasak, Anda tidak perlu khawatir. Pasalnya saat ini banyak sekali restoran yang dibuka dengan berbagai varian masakan dan harga. Banyaknya pilihan tersebut, terkadang membuat konsumen bingung menentukan pilihan. Terlebih bagi orang yang baru pertama kali datang ke sana. Tak heran jika kemudian bermunculan banyak startup yang secara khusus memberikan review mengenai makanan maupun harga di sebuah restoran. Salah satu yang populer di Jakarta misalnya saja Zomato. Startup asal India memberikan kemudahan bagi usernya untuk menemukan restoran terbaik lengkap denan review makanan dan harga kisarannya secara lengkap.

Bidang Jasa Tak Kalah Seksi

Bila startup yang memberikan informasi kurang memberikan solusi bagi masyarakat perkotaan yang relatif sibuk, maka startup bidang jasa pun dapat menjadi alternatif solusinya. Startup bidang jasa kuliner ini pun bermacam variannya, dari mulai layanan delivery, pesan restoran, hingga catering. Startup yang bergerak di bidang delivery makanan kini sudah banyak bermunculan di Indonesia. Bahkan ada yang akhirnya ditutup karena tidak kuat dengan persaingan bisnis di Indonesia. Startup bidang delivery ini tidak hanya menyediakan kebutuhan layanan pengantaran cepat makanan favorit. Namun, lebih dari itu, beberapa perusahaan berusaha menarik kliennya dengan memberikan diskon ataupun poin yang bisa ditukar dengan voucher untuk setiap review yang diberikan, misalnya saja Go-Jek, OpepperID, ataupun Klik-Eat.

Satu bidang yang tak kalah menarik adalah startup di bidang catering. Tak main-main, beberapa startup bahkan secara khusus menyediakan jasa catering sehat untuk diet seperti Gorry Gourmet. Beberapa bidang lain juga memberikan penawaran produk yang terbilang unik, yakni jasa booking restoran seperti MakanLuar ataupun Qraved.

Jangan lupa ikuti kami di Twitter untuk mendapatkan update terbaru dari @LabanaID