News

Pendiri Anti Virus McAfee Gugat Intel Akibat Tudingan “Pencurian Nama”

[Foto: cnn.com]
[Foto: cnn.com]
Masih ingat dengan Antivirus McAfee? John McAfee, pendiri perusahaan cybersecurity yang telah diakuisi Intel pada tahun 2010 ini, dilaporkan telah mengajukan gugatan kepada Intel atas tuduhan melanggar hak cipta nama “McAfee” itu sendiri.

Setelah akuisi tersebut, John McAfee menjadi CEO dari MGT Capital Investments dan berencana untuk mengubah nama perusahaannya itu menjadi “John McAfee Global Technologies.” Namun, siapa sangka bahwa lama setelah Antivirus McAfee berganti nama menjadi Intel Security, pihak Intel tetap memperingatkan John bahwa setiap penggunaan nama McAfee pada perusahaan lain akan melanggar hak paten merek dagang perusahaan.

Pada bulan Mei lalu, MGT Capital Investment mengumumkan bahwa McAfee akan bergabung dengan perusahaan tersebut sebagai Chief Financial Office. Langkah tersebut pun akhirnya melambungkan nilai saham MGT, dari yang awalnya hanya 36 sen menjadi $5,38 per saham.

“Ketika MGT berganti nama menjadi John McAfee Global Technologies, Intel mengirimkan surat teguran yang mengklaim bahwa  mereka memiliki nama saya,” ujar McAffe. “Sebenarnya, ketika saya melepaskan McAfee Inc. Saya hanya mencantumkan nama di nama ‘McAfee Antivirus.’

“Intel secara ilegal telah menggunakan nama saya untuk setiap produk yang mereka jual,” kata McAfee. “[Sebelumnya] hal ini tidak begitu mengganggu, tapi karena sekarang mereka mencoba mencegah saya menggunakan nama saya, [tentunya] saya marah.”

McAfee dan perusahaan barunya, MGT Capital mengajukan gugatan kepada Intel pada tanggal 2 September lalu dan menyatakan bahwa Perjanjian Akuisisi Aset di tahun 1991 tidak mencantumkan hak atas nama pribadinya atau persetujuan yang membatasi haknya untuk menggunakan namanya sendiri dalam bisnis.

Menurut gugatannya, perubahan nama MGT sudah jelas mengacu pada John McAfee sebagai seorang individu dan sebagai seorang public figure internasional. Oleh karenanya tidak dapat dipermasahkan oleh Intel.

Jangan lupa ikuti kami di Twitter untuk mendapatkan update terbaru dari @LabanaID