Home  »  News   »  
News

Peneliti Asal Jepang Berhasil Membuat Es Krim yang Tidak Bisa Mencair

[Foto: hungryforever.com]
Biasanya, kita tidak perlu memerlukan waktu yang lama untuk menikmati lezatnya sebuah es krim. Seperti diketahui, jika tidak cepat dimakan, maka es krim akan cepat meleleh. Jika sudah begitu, maka kenikmatannya pun sudah pasti berkurang.

Namun, jika Anda menginginkan es krim yang tidak bisa meleleh, maka hal itu bakal bisa Anda wujudkan! Pasalnya, para peneliti di Biotherapy Development Research Center, Kanazawa Jepang, sudah berhasil membuat es krim yang tidak bisa meleleh. Mereka menjualnya di bawah label Kanazawa Ice di berbagai kota di Jepang.

Penemuan es krim yang tidak bisa mencair tersebut terjadi secara tidak sengaja. Awalnya, para peneliti sedang berusaha mendaur ulang stroberi yang rusak dari Prefektur Miyagi. Lantas, mereka meminta seorang pembuat kue untuk menciptakan permen baru dari polyphenol, sebuah cairan yang diambil dari stroberi.

Namun, sang pembuat kue mengeluh karena krimnya selalu mengeras saat tersentuh polyphenol. Pada saat itulah, para peneliti menyadari bahwa mereka sudah menemukan sesuatu yang luar biasa.

Tomihisa Ota, pengembang es krim  tersebut mengatakan bahwa cairan polyphenol memiliki kemampuan yang membuat air dan minyak sulit memisah. Sehingga es krim yang mengandung cairan ini bisa mempertahankan bentuknya lebih lama dari biasanya dan sulit meleleh.


Hal ini pun dibuktikan oleh SoraNews yang melaporkan bahwa es krim tersebut sama sekali tidak mencair setelah ditinggalkan selama tiga jam pada suhu ruang.

Presiden dari Biotherapy Development Research Center, Takeshi Toyoda, juga mengatakan bahwa es krim tersebut tetap akan bisa mempertahankan bentuknya walaupun disembur angin panas dari pengering rambut.

Protein bsia yang bikin es krim bisa beku lebih lama

Sebelumnya, ilmuwan di Skotlandia juga pernah berhasil mengembangkan sebuah bahan yang bisa membuat es krim tidak cepat meleleh. Bahan tersebut, yang disebut sebagai protein alami, diklaim bisa membuat es krim membeku lebih lama dalam cuaca panas.

Tim peneliti di Universitas Edinburgh dan Dundee menemukan protein yang dikenal sebagai bsia, bekerja dengan mengikat udara, lemak, dan air dalam es krim, sehingga es krim bisa beku lebih lama. Saat dikembangkan pada 2015 silam, produk ‘pelambat-leleh’ tersebut diperkirakan sudah bisa dipasarkan dalam tiga sampai lima tahun.

Bahkan, pengembangan yang dilakukan memungkinkan produk yang akan dibuat dengan kandungan lemak jenuh yang lebih rendah sekaligus rendah kalori. Bahan tersebut juga disebut bisa mencegah pembentukan kristal es pasir, yang berguna untuk memastikan tekstur es krim yang dihasilkan menjadi sangat lembut.

“Ini tak sepenuhnya non-lebur karena Anda ingin es krim Anda dingin. Pada akhirnya ini akan mencair, tapi mudah-mudahan dalam waktu yang lebih lama,” ujar Prof Cait MacPhee, dari University of Edinburgh yang memimpin proyek itu.

Menurut MacPhee, timnya mengembangkan metode memproduksi protein secara alami dengan menggunakan bakteri yang aman. “Ini adalah protein alami yang sudah ada dalam rantai makanan. Ini sudah digunakan untuk fermentasi beberapa makanan sehingga produk alami dan bukan ‘Frankenstein’’ makanan,” ungkapnya.

Ia menambahkan, dengan menggunakan protein ini, maka itu mengganti beberapa molekul lemak yang saat ini digunakan untuk menstabilkan campuran minyak dan air, sehingga bisa mengurangi kadar lemak tanpa harus ‘merusak’ rasa.

Menurut MacPhaee, pengembangan bahan ini juga memiliki kemungkinan untuk mengurangi kadar gula dan bisa digunakan dalam makanan lain seperti chocolate mousse dan mayones.