Home  »  News   »  
News

Peneliti di Stanford Kembangkan Senyawa Baru untuk Menghambat Pertumbuhan Tumor

[Foto: med.stanford.edu]
Para peneliti di Stanford University School of Medicine menciptakan sarung tangan pada skala mikroskopik. Seperti dilansir dari laman resmi Stanford, mereka mengembangkan sebuah reseptor dengan bentuk setengah lingkaran seperti sarung tangan bisbol.

Studi yang dipublikasikan secara online pada 28 November di The Journal of Clinical Investigation ini berfungsi untuk menarik molekul penyebab utama dari kanker yang disebut Gas6, dan membawanya keluar, memperlambat perkembangan kanker pankreas dan kanker indung rahim pada tikus.

Ketika digunakan sendiri atau bersamaan dengan kemoterapi pada tikus, ‘umpan reseptor’ mereka menunjukkan kemampuan yang lebih tinggi untuk mengurangi atau menghentikan pertumbuhan kanker daripada yang dilakukan oleh pengobatan lain.

Mereka juga menjelaskan mekanisme sebelumnya tidak diketahui dalam tubuh. Pada tikus, ketika peneliti menghambat Gas6 untuk mengikatnya pada reseptor asli, Axl, sel-sel kanker mulai melepaskan molekul DNA yang merusak, menyebabkan sel-sel mati. Hal ini menunjukkan metode yang berpotensi untuk meningkatkan pendekatan terapi saat ini.

“Kami mampu mendapatkan beberapa hewan yang disembuhkan. Bahkan mereka yang dimulai dengan penyakit metastasis luas dan agresif,” kata Amato Giaccia, PhD, profesor bidang onkologi radiasi dan penulis utama studi tersebut.

Permasalahan dengan pengobatan saat ini


Para peneliti ingin menguji molekul mereka terhadap binatang yang terkena kanker ovarium dan kanker pankreas, yang sulit dideteksi pada tahap awal. Saat ini, pilihan pengobatan untuk pasien kanker ovarium dan pankreas sangat terbatas dan biasanya memerlukan gabungan dari pembedahan, radiasi dan kemoterapi.

Terapi dapat memiliki efek samping beracun dan jarang menyembuhkannya secara total. Jadi peneliti telah beralih ke pengobatan lain, seperti antibiotik atau senyawa kecil yang disebut tyrosine kinase inhibitor.

Namun, obat tersebut juga memiliki kelemahan yakni beracun, sehingga tidak dapat diberikan dalam jumlah yang besar, dan juga tidak bisa mengalahkan daya tarik yang kuat antara Gas6 dan Axl. Meskipun obat tersebut kadang-kadang dapat menghentikan pertumbuhan tumor, mereka jarang memberantas kanker secara penuh.

“Banyak perawatan di luar sana yang sangat beracun karena mereka tidak menargetkan sel-sel kanker secara spesifik, dan mereka memiliki pengaruh besar pada hati dan ginjal,” kata Rebecca Miao, lulusan gelar PhD, seorang peneliti Stanford yang berbagi karangan utama dalam studi tersebut. “Umpan reseptor kami tampaknya pada tikus tidak begitu berkhasiat, tetapi juga aman.”

Giaccia mengatakan, “Pada dasarnya, kami muncul dengan sarung tangan yang lebih baik, dengan kemampuan yang lebih kuat untuk menangkap bisbol — dalam hal ini, Gas6.

Gas6 adalah molekul yang mengikat dan mengaktifkan Axl, permukaan reseptor yang berperan penting dalam ketahanan hidup sel, pertumbuhan dan perpindahan. Dalam berbagai bentuk kanker, Axl ditunjukkan dan mengikat Gas6 dengan sangat kuat, yang membuatnya sulit bagi pengembangan terapi untuk menargetkan masalah ini.

Namun, Giaccia dan timnya mengembangkan umpan reseptor yang mengikat Gas6 sekitar 350 kali lebih baik dari Axl. Ketika diberikan kepada tikus, umpan mengeluarkan molekul Gas6 dari sistem dan menghalangi mereka dari pengaktifan Axl, menekan pertumbuhan sel dan bermigrasi dan menghentikan pertumbuhan kanker.

“Molekul kami memiliki afinitas yang lebih tinggi untuk Gas6, sehingga lebih efektif dalam mengambil kanker,” kata Giaccia.

Berharap untuk membawa terapi ke klinik

Menurut Miao, para peneliti secara aktif bekerja untuk mendorong ini menjadi uji klinis. “Namun, kami juga tertarik untuk melihat bagaimana molekul kami mempengaruhi jenis kanker lainnya.” Mereka berharap untuk melanjutkan studi tentang bagaimana umpan reseptor ini bisa meningkatkan perawatan untuk kanker jenis lain, seperti leukemia.

“Model pra-klinis pada tikus yang cukup kuat seperti yang kami telah tunjukkan dalam sejumlah keadaan tumor yang berbeda dan sekarang pada kanker ovarium dan kanker pancreas. Namun, kami harus harus menguji ini pada kanker manusia,” kata Giaccia.