Home  »  News   »  
News

Penemuan Hologram Tertipis di Dunia Mungkinkan Imaji 3D pada Smartphone

[Foto: Shutterstock]
Tim peneliti gabungan Australia-China telah menciptakan hologram tertipis di dunia, membuka jalan menuju integrasi holografi 3D ke dalam elektronik sehari-hari seperti ponsel pintar, komputer dan televisi.

Hologram 3D interaktif adalah andalan utama yang memungkinkan terciptanya film fiksi ilmiah —mulai dari Star Wars sampai Avatar— namun tantangan bagi ilmuwan yang mencoba mengubahnya menjadi kenyataan adalah mengembangkan hologram yang cukup tipis untuk digunakan dengan peralatan elektronik modern.

Baru-baru ini, tim peneliti yang dipimpin oleh Profesor Kehormatan Min Gu dari Universitas RMIT telah merancang hologram nano yang mudah dibuat, dapat dilihat tanpa kacamata 3D dan 1000 kali lebih tipis dari rambut manusia.

“Hologram yang dihasilkan komputer konvensional terlalu besar untuk perangkat elektronik namun hologram ultra-tipis yang kami ciptakan mengatasi hambatan ukuran tersebut,” kata Gu. “Hologram nano kami juga dibuat dengan menggunakan sistem penulisan laser langsung dan sederhana yang sederhana, yang membuat desain kami sesuai untuk penggunaan skala besar dan pembuatan massal.”


[Foto: RMIT University]
Menurut dia, mengintegrasikan holografi ke dalam elektronik sehari-hari akan membuat ukuran layar tidak relevan —hologram 3D pop-up dapat menampilkan banyak data yang tidak akan muat di penyimpanan ponsel atau jam tangan pintar.

“Dari diagnostik medis hingga pendidikan, penyimpanan data, pertahanan dan keamanan maya, holografi 3D berpotensi mengubah berbagai industri dan penelitian ini dan menciptakan sebuah revolusi yang sangat penting,” katanya.

Hologram konvensional memodulasi fase cahaya untuk memberi ilusi kedalaman tiga dimensi. Tapi untuk menghasilkan pergeseran fasa yang cukup, hologram tersebut harus berada pada ketebalan panjang gelombang optik.

Tim peneliti RMIT, yang bekerja dengan Institut Teknologi Beijing (BIT), telah memecahkan batas ketebalan ini dengan hologram 25 nanometer berdasarkan bahan isolator topologi —bahan kuantum baru yang memiliki indeks bias rendah di lapisan permukaan, namun memiliki indeks bias sangat tinggi dalam jumlah besar.

Film insulator topologi yang sangat tipis bertindak sebagai rongga resonan optik intrinsik, yang dapat meningkatkan pergeseran fasa untuk pencitraan holografik.

Dr Zengyi Yue —yang turut menulis makalah tersebut dengan BIT’s Gaolei Xue— mengatakan, “Tahap selanjutnya, penelitian ini akan mengembangkan film tipis yang kaku yang dapat diletakkan pada layar LCD untuk memungkinkan tampilan holografik 3D. Ini melibatkan penyusutan ukuran piksel nano-hologram kita, membuatnya setidaknya 10 kali lebih kecil. Tapi di luar itu, kami ingin membuat film tipis fleksibel dan elastis yang bisa digunakan di berbagai permukaan, membuka cakrawala aplikasi holografik.”

Hologram konvensional memodulasi fase cahaya untuk memberi ilusi kedalaman tiga dimensi. Untuk menghasilkan pergeseran fasa yang cukup, hologram tersebut harus berada pada ketebalan panjang gelombang optik.

Dengan temuan ini, para peneliti telah memecahkan batas ketebalan dengan hologram 25 nanometer, menggunakan bahan khusus yang memungkinkan cahaya melewatinya dalam arah berbeda di permukaan.