Home  »  News   »  
News

Pengguna Android Kini Dapat Nikmati Fitur ‘Behind the Lyrics’ dari Genius

[Gambar: genius.com]
Pernahkah Anda mendengar sebuah lagu, kemudian bertanya-tanya apakah makna di balik lagu tersebut? Jika sebelumnya Anda harus menjelajahi Google untuk mencari maknanya, maka sekarang Anda bisa menemukannya dengan mudah pada aplikasi streaming musik favorit Anda, Spotify. Hal ini dimungkinkan karena adanya kerja sama antara Spotify dengan Genius alias Wikipedia-nya lirik-lirik lagu. Konsep di balik fitur yang diberi nama Behind the Lyrics ini pada intinya adalah menggabungkan fitur anotasi pada Genius pada aplikasi Spotify. Sebenarnya, fitur Behind the Lyrics sudah tersedia bagi pengguna iOS sejak tahun lalu. Namun, melihat respon yang hebat dari jutaan pengguna Spotify di iOS, akhirnya Spotify pun membawa fitur ini ke dalam perangkat Android. Pembaharuan ini akan diluncurkan secara bertahap, jadi bagi Anda yang belum bisa mengakses fitur ini jangan dulu cemas. Tunggu dulu saja beberapa hari atau mungkin beberapa minggu ke depan untuk bisa mulai menggunakannya.


Mulai hari ini, pengguna Android di seluruh dunia bisa melihat fitur Behind the Lyrics pada playlist yang telah dikurasi oleh Spotify sendiri, yaitu Behind the Lyrics: Hip Hop dan Today’s Top Hits. Ketika Anda mendengarkan lagu-lagu yang ada pada playlist ini, lagu tersebut akan memunculkan cuplikan lirik, fun facts, dan cerita di balik lagu itu menurut musisinya itu sendiri. Anotasi ini akan berjalan secara otomatis dan akan membuat pengalaman mendengarkan musik di Spotify akan semakin menarik dan menyenangkan. Tentu saja, Spotify sendiri akan diuntungkan dengan adanya fitur ini karena pengguna akan menghabiskan banyak waktunya untuk menggunakan aplikasi tersebut. Sementara itu, pengguna sendiri akan turut diuntungkan dan diberi kemudahan untuk mencari tahu makna dari lirik sebuah lagu. Alih-alih harus membuka banyak tab atau halaman website lain untuk mencari tahu, Anda hanya perlu melihat ke layar Spotify Anda untuk mengetahuinya.

Spotify juga memanfaatkan fitur ini untuk mempromosikan rilisnya album seorang penyanyi R&B muda, Khalid, yang berjudul ‘American Teen.’ Semua lagu yang ada pada album tersebut akan dilengkapi dengan fitur Behind the Lyric ini. Mengenai hal ini, Khalid berkomentar: “Anda mendengarkan sebuah lagu dan Anda akan menginterpretasikannya sendiri. Tapi dengan fitur ini Anda bisa mengetahui apa yang dirasakan oleh musisi tersebut. ‘Kau tahu? Mungkin artinya bukan seperti yang aku pikirkan, Mungkin artinya sebenarnya adalah ini.’ Meskipun begitu, musik itu pada intinya bersifat universal. Music bisa bermakna apa saja, sesuai keinginanmu.”

Kehadiran fitur ini merupakan usaha Spotify untuk memberikan opsi lebih banyak kepada para musisi untuk terhubung dengan pendengar dan penggemarnya.

Seperti dikutip dari TechCrunch, pada awal bulan ini Spotify meluncurkan artist dashboard yang memungkinkan musisi untuk menampilkan jumlah streaming dan mengkonfigurasi profilnya. Mereka juga dapat memilih foto sendiri, memilih lagu dan membuat playlist favorit mereka–bahkan memilih lagu musisi lain. Fitur Behind the Lyrics ini memungkinkan musisi untuk menjangkau lebih banyak audiens maupun pendengar dengan berbagi cerita di balik lagu-lagu mereka.