News

Pengguna Facebook Sekarang Bisa Lihat Foto 360 Derajat

[Gambar: Facebook Newsroom]
Kamis (09/06/16), Andi Huang selaku manager produksi Facebook mengumumkan di postingannya bahwa pengguna Facebook kini dapat melihat foto 360 derajat langsung dari newsfeed mereka, baik melalui web, maupun aplikasi Facebook di iOS dan Android versi terbaru.  Huang juga menambahkan, Facebook akan segera dilengkapi dengan fitur baru untuk mengunggah foto 360 derajat milik Anda sendiri.

Kini, para pengguna Facebook dapat mengenali foto 360 derajat dengan melihat ikon berbentuk kompas yang berada di sudut kanan atas foto-foto tersebut.  Untuk ‘menjelajahi’ seluruh sudut gambar, pengguna tinggal mengklik foto dan menggeser-geserkan foto yang tengah dilihat.

Huang juga menyarankan pada para pengguna Facebook untuk mengunjungi situs Facebook 360, Facebook 360 Community group, dan Help Center untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

“Sekarang teman-teman Anda bisa ikut merasakan momen-momen yang Anda bagikan. Jadi, seakan-akan mereka berada langsung bersama Anda. Mulai dari momen jalan-jalan di sepanjang taman nasional, kunjungan ke sebuah museum, atau bahkan pada saat pesta pernikahan,” tulis Huang. “Selain foto 360 derajat dari teman dan keluarga, Anda juga bisa melihat foto-foto 360 derajat yang menakjubkan dari pihak media dan organisasi-organisasi lainnya. Dengan Foto 360 derajat, Anda bisa merasakan sensasi naik ke atas panggung di depan 100.000 ribu penggemar Paul McCartney, … mengunjungi stasiun luar angkasa internasional dengan NASA, dan lain-lain.”

Menurut The Verge, pengguna Facebook sebenarnya masih butuh waktu untuk beradaptasi dengan fitur baru ini. Namun, Facebook percaya bahwa media ini bisa merangsang kreativitas penggunanya dan bisa mendorong mereka untuk bereksplorasi lebih jauh. “Media ini dapat membukakan peluang bagi kreasi-kreasi baru, dan kami tidak sabar ingin melihat foto-foto 360 derajat seperti apa yang akan kalian bagikan di Facebook.”

Sebagai penutup, Huang juga menambahkan bahwa pengguna bisa menjelajahi foto-foto 360 derajat di Facebook dalam virtual reality dengan menggunakan Samsung Gear VR yang didukung oleh Oculus.

Jangan lupa ikuti kami di Twitter untuk mendapatkan update terbaru dari @LabanaID