News

Pengguna iOS 10 di AS Dapat Mendaftar Sebagai Pendonor Organ Tubuh Melalui iPhone

[Gambar: Aplikasi Health pada iOS | Apple.com]
Mulai di iOS 10, aplikasi kesehatan Apple akan memberi akses bagi pengguna asal Amerika Serikat untuk mendaftarkan diri mereka sebagai pendonor organ, mata, dan jaringan tubuh. Dengan menggunakan fitur Medical ID dalam aplikasi Health (Kesehatan) versi terbaru, pengguna dapat dengan mudah mendaftakan diri ke National Donate Life Registry, yang dikelola oleh organisasi Donate Life America.

“Dengan aplikasi Health (Kesehatan) yang telah diperbaharui, kami memberikan informasi dan meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap donasi organ. [Kami juga] memberikan¬†kemudahan bagi orang-orang yang ingin mendaftar,” kata chief operating officer Apple, Jeff Williams. “Hal ini merupakan proses sederhana yang hanya menghabiskan waktu beberapa detik, namun dapat membantu menyelamatkan delapan nyawa.”

Versi beta iOS 10 untuk publik akan tersedia bulan ini, tetapi preview untuk pengembang sudah tersedia. Menurut rencana, peluncuran resmi iOS akan dilakukan bersamaan dengan peluncuran iPhone baru pada musim gugur.

Fitur Medical ID di aplikasi Health (Kesehatan) dari Apple sudah berfungsi sebagai alat kesehatan yang berguna, yang memungkinkan pengguna untuk memasukkan tanggal lahir, tinggi, golongan darah dan informasi alergi yang akan ditampilkan di lock screen iPhone dalam keadaan darurat.

Pada tahun 2015 saja, sekitar 30.000 transplantasi organ tubuh telah tersedia bagi pasien yang membutuhkan. Menurut statistik pemerintah Amerika Serikat, donasi organ telah meningkat secara bertahap sejak tahun 1991, dengan sedikit penurunan pada beberapa tahun terakhir. Penambahan opsi pendaftaran donor organ pada aplikasi iPhone ini dinilai dapat membantu meningkatkan jumlah donor yang terdaftar, yang kini sudah berjumlah 130 juta orang.

“Dengan bekerja sama dengan Apple untuk memasukkan National Donate Life Registry ke dalam aplikasi Health (Kesehatan) pada iPhone, kami mempermudah orang untuk mencari tahu tentang donasi organ, mata, dan jaringan tubuh serta mempermudah mereka untuk mendaftar,” ujar CEO Donate Life America, David Fleming, dalam sebuah pernyataan. “Ini merupakan sebuah langkah besar yang pada akhirnya dapat membantu menyelamatkan nyawa.”

Jangan lupa ikuti kami di Twitter untuk mendapatkan update terbaru dari @LabanaID