News

Pengguna iOS Kini Bisa Mengakses Aplikasi Prisma Secara Offline

[Gambar: erminesoft.com]
Kabar gembira bagi para pengguna setia aplikasi Prisma versi iOS! Kini, aplikasi photo editing yang tengah naik daun ini dapat digunakan secara offline alias tanpa menggunakan koneksi internet. Ini merupakan yang pertama kalinya aplikasi ini bisa berfungsi secara offline sejak aplikasi ini pertama diluncurkan.

Sejauh ini baru 16 dari 32 filter Prisma yang bisa digunakan secara offline. Tapi, jangan khawatir jika filter kesukaan Anda tidak termasuk ke dalam 16 filter tersebut, cepat atau lambat filter-filter yang lain juga akan bisa dinikmati secara offline. Pembaharuan ini nampaknya merupakan jawaban atas keluhan-keluhan para pengguna mengenai waktu pemrosesan foto yang cukup lama.

Sebelumnya, menerapkan filter pada aplikasi Prisma ini memang memakan waktu cukup lama. Hal ini disebabkan karena ketika Anda menerapkan sebuah efek pada sebuah foto, aplikasi ini akan mengunggah foto tersebut ke dalam server Prisma terlebih dahulu, barulah foto tersebut akan diproses oleh jaringan syaraf tiruan (neural network). Setelah proses selesai, foto akan dikirimkan lagi pada aplikasi Anda. Oleh karena itu, jika koneksi internet yang Anda gunakan tidak bagus, atau jika servernya sedang overload, kemungkinan besar prosesnya akan menjadi semakin lama.

Dengan pembaharuannya ini, Prisma mengatakan bahwa mereka sudah menemukan cara untuk menjejalkan teknologi neural network ini pada smartphone Anda. Mereka menambahkan bahwa dalam industri ini “belum ada tim atau perusahaan lain yang melakukan hal yang serupa.” Pembaharuan ini juga otomatis akan membebaskan kerja sebagian servernya, dan kelak akan memberikannya server yang cukup untuk memproses video pendek—sebuah fitur yang direncanakan akan ditambahkan dalam aplikasi ini.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, pembaharuan ini baru bisa didapatkan pada perangkat iOS. Namun, Prisma menjanjikan bahwa cepat atau lambat para pengguna Android juga akan bisa menikmati fitur offline pada aplikasi ini.

Jangan lupa ikuti kami di Twitter untuk mendapatkan update terbaru dari @LabanaID