Home  »  Tips & Guide   »  
Tips & Guide

Perbedaan Antara Asuransi Perjalanan Dengan Asuransi Jiwa, dan Apa Manfaatnya

Asuransi merupakan sebuah program yang diberikan oleh perusahaan asuransi, yang berfungsi dan berguna untuk melindungi diri Anda, keluarga, atau apa pun yang Anda miliki. Berdasarkan jenis dan macamnya asuransi memang banyak sekali bentuknya, mulai dari asuransi kesehatan, asuransi jiwa, asuransi perjalanan, asuransi kendaraan, dan banyak lagi jenis dari asuransi yang bisa Anda gunakan. 
 
Masing-masing dari asuransi tersebut, tentunya memiliki fungsi perlindungannya sendiri. Tetapi pada dasarnya asuransi berguna untuk melindungi diri Anda, untuk hal-hal yang tidak diinginkan di masa kini dan masa depan. Mungkin saat ini masyarakat lebih mengenal tentang asuransi kesehatan, di mana asuransi kesehatan tersebut berfungsi untuk melindungi diri Anda dan keluarga ketika terjadi penurunan kondisi kesehatan. 
 
Selain asuransi kesehatan yang lebih dikenal oleh masyakat, ada juga asuransi perjalanan dan asuransi jiwa yang sama terkenalnya dengan asuransi kesehatan. Namun, kedua jenis asuransi tersebut memiliki perbedaan yang mendasar dalam manfaatnya. Simak perbedaannya antara asuransi perjalanan dengan asuransi jiwa!
 

Asuransi Perjalanan

Asuransi perjalanan atau travel insurance hampir sama dengan asuransi jenis lainnya, seperti asuransi jiwa dan asuransi kesehatan. Bedanya adalah jenis asuransi ini ditujukan hanya untuk para traveler yang melakukan perjalanan ke dalam dan luar negeri. Asuransi ini akan menanggung biaya yang Anda keluarkan, apabila Anda mengalami sakit atau mengalami kecelakaan saat bepergian. 
 
Namun, ada juga asuransi perjalanan yang akan mengganti kerugian akibat jadwal penerbangan yang delay, kehilangan bagasi akibat pencurian di pesawat, atau sebab lainnya. Untuk lebih jelas mengenai manfaat dari asuransi perjalanan, simak berikut ini:
 

1. Menanggung Biaya Perawatan Medis

Asuransi perjalanan memberikan perlindungan atas biaya perawatan medis, misalnya, ketika Anda sedang berlibur kemudian Anda mengalami jatuh sakit. sehingga membutuhkan perawatan medis, tentunya hal ini akan membuat Anda cemas mengenai biaya perawatan tersebut.
 
Apalagi hal tersebut terjadi di luar negeri, biaya perawatannya akan semakin tinggi. Jika Anda memiliki asuransi perjalanan, hal ini bisa meringankan Anda dalam biaya perawatan medis karena asuransi perjalanan dapat berfungsi juga sebagai asuransi kesehatan yang membiayai medis Anda. 
 

2. Sumbangan Atas Kematian

Jodoh, rezeki, dan maut tidak ada orang yang tahu kapan itu akan terjadi, begitu juga dengan kematian. Anda tidak akan pernah tahu kapan Anda akan mengalami kematian, bisa saja hal tersebut terjadi ketika Anda dalam masa liburan. Tidak ada salahnya Anda mempersiapkan hal tersebut apabila suatu saat nanti Anda meninggal, supaya keluarga Anda tetap terjamin setelah sepeninggalan Anda. 
 
Dengan memiliki asuransi perjalanan, ketika kematian menyerang Anda setidaknya Anda tidak perlu mengkhawatirkan keluarga Anda. Sebab asuransi perjalanan akan memberikan sumbangan finansial atas kematian Anda, pada saat Anda dalam perjalanan atau bepergian. 
 

3. Konpensasi Atas Pembatalan atau Penundaan Penerbangan

Ketika Anda melakukan bepergian menggunakan alat transportasi umum, entah itu menggunakan kereta, pesawat, atau bahkan kapal. Penundaan atau pembatalan keberangkatan menjadi hal yang paling menyebalkan, karena ini dapat merugikan Anda dalam segi waktu.
 
Dengan memiliki asuransi perjalanan, hal ini dapat memudahkan Anda jika hal itu terjadi. Biasanya asuransi perjalanan akan melindungi Anda dalam segi penginapan gratis, atau memberikan kompensasi akan tiket perjalanan lainnya. Akan tetapi, setiap perusahaan asuransi memiliki peraturan dan kebijakan masing-masing dalam hal klaim.
 

4. Kehilangan dan Kerusakan Bagasi. 


Asuransi perjalanan dapat mencakup ganti rugi atas kehilangan dan kerusakan bagasi, apabila bagasi Anda rusak atau bahkan hilang tentunya. Anda bisa menggunakan asuransi perjalanan untuk mendapatkan ganti rugi atas hal tersebut. 
 

5. Pemulangan Jenazah

Asuransi perjalanan tidak hanya memberikan Anda santunan atas kematian, tetapi juga mencakup dalam hal pemulangan jenazah atau biaya pemakaman apabila Anda meninggal dunia di lokasi tempat kematian terjadi. 
 

6. Perlindungan Rumah

Beberapa asuransi perjalanan, ada yang memiliki atau melindungi Anda hingga pada perlindungan rumah. Manfaat ini dimaksudkan untuk membayar kerusakan akibat kebakaran, atas isi rumah tertanggung yang ditinggal kosong karena perjalanan yang dilakukan.
 
Dari berbagai macam manfaat yang diberikan oleh asuransi perjalanan, tentunya memberikan keuntungan untuk Anda. Ketika Anda bepergian, hal ini sangatlah berguna untuk Anda karena Anda tidak akan pernah tahu apa yang nantinya terjadi di kemudian hari.
 
 

Asuransi Jiwa

Meskipun asuransi perjalanan memiliki manfaat yang hampir sama dengan asurasi jiwa, ada baiknya Anda juga mengetahui tentang asuransi jiwa yang sebenarnya. Agar Anda bisa lebih paham mengenai kedua produk asuransi tersebut. 
 
Apa itu asuransi jiwa? Asuransi jiwa adalah sebuah asuransi yang bertujuan untuk memberikan proteksi terhadap seseorang atau kelompok, atas kerugian financial yang tidak terduga atas kematian, cacat tetap total, atau sudah tidak produktif, atau bahkan atas seseorang yang mengakibatkan hilangnya penghasilan. 
 
Dapat dikatakan bahwa asuransi jiwa dapat memproteksi keluarga Anda, apabila sewaktu-waktu Anda atau penanggung meninggal dunia atau sudah tidak produktif tersebut. Adapun manfaat yang patut Anda ketahui, ketika Anda memiliki asuransi jiwa:
 
  1. Dengan memiliki asuransi jiwa, setidaknya Anda sudah meminimalisir risiko yang tidak terduga. Anda dapat mengantisipasi terjadi bencana dalam keluarga Anda, dengan memiliki asuransi jiwa perlindungan bisa didapat sehingga meringankan keluarga Anda dalam segi financial saat Anda meninggal. 
  2. Memiliki asuransi jiwa tentunya banyak hal yang bisa disiapkan, misalnya, pendidikan anak, pengeluaran keluarga bulanan, hingga berbagai kebutuhan yang sifatnya rutin, dan juga bisa terbantu dengan adanya dana talangan yang sudah disiapkan dari skema asuransi jiwa. 
  3. Asuransi jiwa dapat menentramkan pikiran Anda di masa mendatang, bagi yang telah menjadi kepala keluarga, atau sebagai tulang punggung keluarga. Asuransi jiwa bisa membantu pikiran lebih tentram, karena terdapat dana cadangan bila terjadi sesuatu yang tidak
    diinginkan. 
 
Berbagai manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan adanya asuransi jiwa, sehingga Anda tidak perlu khawatir ketika terjadi hal buruk menimpa Anda di masa depan. Walaupun asuransi memang memiliki sifat untuk melindungi Anda, dalam segala hal yang akan terjadi di masa kini atau masa depan. 
 
Tetapi patut Anda sadari bahwa asuransi tersebut memiliki manfaat dan kegunaan masing-masing, yang berbeda-beda. Sama halnya dengan asuransi perjalanan dan asuransi jiwa, yang keduanya serupa tetapi tidak sama. 
 
Di mana asuransi perjalanan yang melindungi Anda hanya saat Anda dalam perjalanan saja, dengan periode tertentu yang sudah disepakati sebelumnya. Dengan kata lain, asuransi perjalanan bersifat sementara. Sedangkan asuransi jiwa dapat melindungi Anda dan keluarga, hingga kematian menimpa tertanggung. Dengan syarat dan ketentuan yang sudah disepakati bersama antara tertanggung dengan perusahaan asuransi yang dipilih.