Home  »  Tips & Guide   »  
Tips & Guide

Perhatikan 7 Hal Ini Sebelum Membeli Tablet Baru

[Foto: pexels.com]
Ada beberapa poin penting yang harus Anda perhatikan ketika akan membeli sebuah tablet baru. Apa saja yang termasuk ke dalamnya? Mari kita simak penjelasannya.

Ukuran dan berat. Meskipun dirancang untuk mobile alias bisa dibawa ke mana-mana, tapi tetap saja sebuah tablet biasanya lebih berat dari smartphone. Oleh karena itu, sebelumnya Anda harus mempertimbangkan kapan dan di mana saja Anda akan menggunakan tablet ini. Jika Anda bakal lebih sering menggunakannya di luar ruangan (outdoor), maka utamakan kenyamanan pada saat Anda menggenggam atau menggunakan tablet tersebut. Dalam kasus ini, tablet berukuran 5 inci atau 7 inci bisa jadi pilihan yang tepat. Namun, jika Anda merasa akan lebih sering menggunakan tablet tersebut di dalam ruangan (indoor) maka tidak jadi masalah jika Anda memilih tablet yang berukuran lebih besar dengan bobot yang lebih berat.

Display atau layar. Karena layar aktifnya yang sangat besar, sangat penting bagi Anda untuk memilih tablet dengan kualitas dan juga resolusi layar yang baik. Sayang juga kalau Anda punya tablet, tapi kualitas layarnya pas-pasan. Lebih baik beli smartphone bagus sekalian. Resolusi layar yang disarankan adalah 720 px, semakin besar semakin baik. Dari segi panel layar, sebaiknya pilih panel IPS yang bisa memberikan sudut pandang yang optimal.

Baca Juga:  Mengenali Beberapa Biaya yang Menguras Tabungan

Software. Tablet memiliki varian sistem operasi yang berbeda-beda. Setiap sistem operasi tersebut memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Kuncinya adalah menentukan apa kebutuhan Anda atau prioritas Anda dalam menggunakan tablet tersebut. Pengalaman gaming atau menyaksikan media akan lebih optimal pada tablet iOS. Jika Anda ingin platform yang lebih terbuka dan punya performa multitasking yang baik, Android adalah pilihan Anda. Ingin menjadikan tablet Anda sebagai ‘miniatur’ dari PC? Gunakan sistem operasi dari Windows.

Konektivitas atau jaringan. Ada dua jenis konektivitas yang bisa ditemukan pada tablet: Wi-Fi dan Seluler atau wireless. Jika Anda merasa tidak perlu terkoneksi setiap saat dengan internet dan menggunakan tablet sebagai gawai sekunder, maka tablet wireless atau nirkabel bisa jadi pilihan yang hemat dan tepat. Tapi, jika Anda harus selalu terhubung internet atau menggunakan tablet sebagai salah satu gawai primer, maka pilih tablet dengan fitur seluler.

Daya tahan baterai. Tablet pada umumnya lebih menguras banyak daya baterai dibandingkan smatphone biasa. Oleh karena itu, pastikan Anda memilih tablet dengan daya baterai yang besar agar bisa tahan lama ketika dipakai bepergian.

Baca Juga:  Jangka Waktu Klaim Asuransi Kesehatan

Prosesor. Ini merupakan sebuah faktor penting yang harus diperhatikan, mengingat arsitektur chip tersebut bisa berpengaruh besar pada performa, daya tahan baterai, dan ukuran tablet tersebut.

Kapasitas penyimpanan. Jika dibandingkan dengan laptop, tablet cenderung memiliki pilihan storage yang terbatas. Tablet pada umumnya memiliki kisaran kapasitas penyimpanan mulai dari 8 sampai 64GB. Jika ukuran tersebut masih kurang besar bagi Anda, ada bagusnya memilih tablet yang memberikan fitur penyimpanan cloud.