News

Peringati Hari AIDS, Apple dan (RED) Rilis Produk Limited Edition

[Foto: Apple.com]
[Foto: Apple.com]
Setelah satu dekade bekerjasama untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dunia akan bahaya AIDS, Apple dan Product (RED) kembali bergandengan tangan, meluncurkan produk-produk limited edition dalam upaya meningkatkan awareness akan AIDS.

Dalam rangka hari AIDS sedunia yang jatuh pada 1 Desember 2016, Apple mengumumkan sederet produk eksklusif terbatas, yang juga menyandang merek (RED), diikuti oleh beberapa game di App Store, juga berbagai donasi yang diambil dari pembelian pengguna di App Store, yang semuanya bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dunia untuk melawan AIDS.

[Foto: Apple.com]
[Foto: Apple.com]
Dalam sebuah jumpa pers yang diadakan di New York City, Selasa, 29 November lalu, VP Apple Lisa Jackson menyatakan bahwa perusahaan tersebut telah menjadi bagian dari inisiatif yang dijalankan (RED). Kampanye melawan AIDS tersebut juga dijalani bersama partner lainnya, seperti Starbucks, Coca Cola, dan Bank of America. Dari berbagai kerjasama, Apple telah berhasil menggalang dana sedikitnya $360 juta, dan akan memberikannya kepada Global Fund untuk memerangi AIDS. Apple menyatakan bahwa pihaknya sendiri telah berhasil menggalang dana sebesar $12o juta, membuat mereka resmi menjadi kontributor terbesar Global Fund dari kalangan korporasi.

Di samping produk-produk seri (RED) yang tersedia sepanjang tahun, Apple juga telah merilis beberapa gadget (RED) baru, termasuk iPhone 7 Smart Battery Case, iPhone SE Case, Beats Solo 3 Wireless On-Ear Headphones, dan Pill+ Portable Speaker. Sedangkan untuk software, mulai minggu depan pengguna bisa membeli konten-konten in-app spesial (RED) di 20 game populer di iOS, seperti Candy Crush Jelly Saga, FarmVille: Tropic Escape, Angry Birds 2, Clash of Clans, Hay Day, Plants vs. Zombies Heroes, dan SimCity BuildIt.

Masing-masing game telah terintegrasi dengan konten eksklusif dalam cara yang berbeda. Angry Birds 2, misalnya, menawarkan game pack khusus permata dan bulu, dengan hasil penjualan akan didonasikan kepada Global Fund. Semua burung dalam permainan juga diberikan kostum superhero merah selama kampanye berlangsung. Rovio, perusahaan di balik Angry Birds, sebelumnya bekerja dengan Apple pada kampanye serupa di tahun 2014.

Selain dengan membeli berbagai aksesori dan in-app konten dalam game di iOS, pengguna bisa berkontribusi dengan cara lainnya. Salah satunya adalah dengan berdonasi langsung via iTunes, membeli album khusus holiday dari The Killers, “Don’t Waste Your Wishes” dengan 100 persen pendapatan dari pembeli di AS akan disumbangkan kepada Global Fund.

Apple juga menyatakan bahwa lebih dari 400 Apple Store di dunia akan mengubah logo mereka menjadi merah, atau menambahkan dekorasi (RED) di jendela untuk meningkatkan awareness terhadap Hari AIDS Sedunia.

Selain beberapa cara di atas, mulai besok hingga tanggal 6 Desember 2016 mendatang, Apple akan mendonasikan $1 (hingga nilai maksimum $1 juta) untuk setiap pembelian yang menggunakan Apple Pay di Apple Store, atau di Apple.com, atau melalui aplikasi Apple Store. Bank of America juga akan berdonasi sebesar maksimal $1 juta untuk setiap transaksi Apple Pay yang menggunakan kartu kreditnya.

Jangan lupa ikuti kami di Twitter untuk mendapatkan update terbaru dari @LabanaID