Home  »  Tips & Guide   »  
Tips & Guide

Perkuat Branding Anda Dengan Empat Cara Ini

[Gambar: hoooka.com]
Hal pertama yang harus dilakukan oleh brand Anda adalah memberikan ekspektasi pada konsumen. Setelah itu, Anda harus berusaha memenuhi ekspektasi itu semaksimal mungkin. Konsep branding ini sangatlah penting untuk mengembangkan kerajaan bisnis Anda.

Bayangkan jika Anda akan membuka sebuah restoran di Shah Alam, ibu kota Selangor yang sangat terkenal dengan berbagai jenis restoran atau kafe yang menawarkan kuliner-kuliner yang sedap dan nikmat. Kebanyakan restoran dan tempat kuliner ini mempunyai pelanggan setia, yang selalu datang untuk menyantap hidangan favorit mereka. Anda sadar bahwa Shah Alam adalah salah satu kota yang berpotensi menguntukan bagi restoran Anda, tetapi pasarnya sangatlah kompetitif. Masalahnya, bagaimana cara terbaik untuk menarik warga Shah Alam dan sekitarnya untuk datang ke restoran Anda dan mengunjunginya sesering mungkin? Ini dapat dilakukan dengan strategi memberikan ekspektasi dan memenuhi apa yang dijanjikan sebelumnya.

Mengapa branding sangatlah penting, dan apa bedanya dengan pemasaran? Banyak yang menganggap branding adalah bagian dari pemasaran. Sebetulnya, branding lebih luas dari itu. Branding merupakan sebuah persepsi yang ingin dibentuk tentang brand Anda kepada pasar. Sebenarnya, Anda bermain dengan pikiran para pengguna, dan apa yang Anda ingin mereka pikirkan tentang brand Anda. Ada beberapa brand yang sebenarnya tidak terlalu besar, mempunyai jumlah karyawan yang tidak lebih dari lima orang dan menjalankan bisnis mereka hanya dari rumah. Tetapi, jika para pengguna melihat halaman web mereka, penggunaan Bahasa Malaysia atau Bahasa Inggris mereka dalam halaman web tersebut, cara mereka mengelola bisnis melalui alamat surel korporat dan kecepatan pelayanannya, bagi para pengguna yang tidak mengetahui, mereka pasti akan beranggapan bahwa perusahaan ini adalah sebuah perusahaan besar. Inilah cara mempermainkan persepsi.


Mengapa nilai yang ditawarkan sangatlah penting dalam sebuah bisnis? Branding sebetulnya mencakup value proposition, atau nilai yang brand Anda tawarkan kepada pengguna dan bagaimana nilai tersebut akan mempermudah kehidupan mereka, menjadikan mereka individu yang lebih baik, menikmati sesuatu yang mereka sukai, dan sebagainya. Tanpa nilai yang dapat dipahami oleh para pengguna atau tidak sebaik yang dijanjikan, maka brand Anda tidak akan dianggap menarik. Jika sebuah brand tidak menarik, para pengguna akan melupakan Anda. Ada brand yang menawarkan harga yang jauh lebih murah dari pasar, yang sulit diperoleh di tempat lain. Ini salah satu contoh nilai yang ditawarkan. Sementara itu, ada juga brand yang menawarkan pengalaman unik yang tidak akan bisa ditemukan di tempat lain, tetapi layanan ini ditawarkan dengan harga yang tinggi. Contohnya adalah Legoland dan Universal Studio di Singapura.

Mengapa para pengguna harus memilih Anda, dan bukan orang lain? Dalam branding, pesan yang tercantum pada logo, slogan, dan juga kalimat-kalimat yang digunakan dalam media pemasaran harus disesuaikan dengan tujuan Anda, yaitu: mengapa harus datang ke restoran Anda, memilih untuk menggunakan produk atau layanan Anda, atau untuk mengunjungi halaman web Anda dan bukan orang lain. Untuk melakukan hal ini secara efektif, Anda perlu mengetahui pangsa pasar Anda, umur dan lokasi mereka, cara mereka membeli, jenis produk atau layanan yang mereka sukai, rentang harga yang sesuai dengan pangsa pasar tersebut, apa yang akan membuat mereka membeli pada Anda, apa yang diceritakan para pelanggan pesaing kepada teman-temannya, dan sebagainya. Jika data seperti ini dikumpulkan, diperoleh, dan masalah-masalah ini dijawab dengan baik dan cepat, maka Anda dapat merancang produk dan layanan yang sesuai dengan ‘permintaan’ yang ada. Dengan begitu, kesuksesan bisa lebih cepat tercapai.

Mengapa janji perlu dipenuhi secara konsisten? Restoran harus dibuka secara konsisten dan sesuai dengan waktu yang ada dalam billboard, kualitas hidangan harus konsisten cita rasanya, pelayanan pengambilan pesanan dan pengirimannya ke meja-meja harus teratur dan konsisten waktunya. Konsistensi harus menjadi faktor utama yang ada dalam strategi branding Anda. Tanpa adanya konsistensi, restoran Anda pasti akan menghadapi masalah.

Tulisan ini adalah kontribusi dari Azleen Abdul Rahim, seorang blogger pemasaran digital di azleen.com, dengan penyesuaian standar LABANA.id