Home  »  Tips & Guide   »  
Tips & Guide

Perkuat Jantung Lewat Lari

Joging atau lari terbilang olahraga yang mudah dan murah karena bisa dilakukan di manapun. Jika ingin praktis bisa dilakukan di treadmill, namun bila ingin mendapatkan suasana yang berbeda bisa memilih tempat terbuka, seperti stadion olahraga, taman, trotoar jalan, atau bergabung dengan komunitas lari seperti IndoRunners yang telah terbentuk di 5 kota besar di Indonesia. Saat ini IndoRunners memiliki dua agenda rutin, yakni Thursday Night Run dan Sunday Morning Run. 

Keuntungan mengikuti komunitas lari ini, antara lain Anda bisa mendapat berbagai hal baru seperti cara teknik berlari yang benar, informasi tentang memilih sepatu lari yang pas, dan tentu saja menambah koneksi pertemanan, sehingga olahraga pun jadi lebih semangat. Jadi, tak ada alasan lagi Anda tidak melakukan olahraga yang praktis ini. Apalagi joging atau lari sangat bermanfaat bagi kesehatan organ tubuh Anda, di antaranya:  

1. Jantung 
Saat berlari, jantung akan terpompa lebih cepat sehingga sirkulasi darah bisa mengalir lancar ke seluruh tubuh. Lambat laun akan membuka penyumbatan lemak di banyak saluran sekaligus membuat jantung lebih sehat dan mengurangi risiko serangan jantung. Untuk mendeteksi tingkat risiko Anda terhadap penyakit jantung, di sini


2. Paru-paru 
Dengan berlari, Anda dapat mengatur pernafasan lebih baik. Semakin cepat dan jauh jarak Anda berlari, paru-paru semakin mengembang dan pernafasan pun lebih panjang dan kuat. Sehingga oksigen yang dibutuhkan oleh tubuh terhirup lebih banyak yang membuat stamina tubuh semakin meningkat.  

3. Perut dan Paha 
Kegiatan apapun yang membuat tubuh Anda bergerak akan membakar kalori dan lemak dalam tubuh sehingga dapat menurunkan berat badan. Terutama aktivitas fisik seperti berlari yang membuat seluruh otot tubuh, termasuk area perut dan paha akan bergerak dinamis mengikuti ritme pergerakan kaki.  

4. Tulang 
Aktivitas lari membuat tulang bergerak aktif. Jika rutin dilakukan akan menjaga tulang tetap kuat sekaligus meningkatkan kepadatan tulang sehingga dapat menangkis osteoporosis.  

Dengan adanya gadget khusus untuk mencatat jarak tempuh lari, Anda juga bisa mengukur kemampuan diri yang kemudian bisa dibandingkan dengan pelari lain. Sehingga para pelari termotivasi menantang dirinya untuk berkompetisi dan meningkatkan jarak lari. Bonusnya adalah semakin sering dan rutin berlari, tubuh semakin sehat.