Home  »  Tips & Guide   »  
Tips & Guide

Persiapan Lari Maraton: Bawa Ini Agar Lari Aman & Lancar

Berhasil mencapai garis finish di lomba maraton memberikan gengsi tersendiri bagi pelari. Sebuah pencapaian yang diidamkan pelari. Terutama bagi pelari pemula. Bagaimana tidak, jalur yang harus dilalui adalah 42 kilometer lebih. Tidak hanya perlu stamina fisik yang besar, tapi juga mental yang kuat. Oleh karena itu, persiapan untuk lari maraton juga tidak main-main. 
 
Latihan fisik secara bertahap perlu dilakukan karena tubuh beradaptasi secara perlahan. Oleh karena itu, sebaiknya Anda latihan lebih fokus untuk mempersiapkan lari maraton 6 minggu sebelum hari H. Lakukan peningkatan latihan sedikit demi sedikit sesuai kemampuan tubuh. 
 
Hal yang paling penting adalah jangan lupa cek kesehatan sebelum melakukan lari maraton. Bila ada lampu hijau dari dokter, lakukanlah. Hal ini untuk mengantisipasi kemungkinan cedera otot yang tanpa disadari Anda lakukan saat latihan. Anda tidak ingin hal buruk terjadi bukan? 
 
Baik lari maraton di dalam kota atau di luar kota, penting memberikan proteksi diri dengan asuransi kesehatan. Apalagi bila ingin mengikuti lari maraton di luar kota, pastikan Anda juga melakukan proteksi diri dengan memiliki asurasi perjalanan.
 
PELAJARI DI SINI: Asuransi Produk Perjalanan
 

1. Barang yang Perlu Dipersiapkan

Bila ingin mengikuti lari maraton di luar kota, jangan takut terlihat berlebihan membawa barang. Justru Anda harus mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik. Tidak ada salahnya berjaga-jaga membawa segala barang yang mungkin akan Anda perlukan.
 
Bagi barang-barang Anda ke dalam tiga kelompok, yaitu sebelum lari, saat lari, dan setelah lari. Letakkan barang-barang tersebut, dan coba satu per satu. Hal ini penting dilakukan, dengan begitu Anda akan ingat apa saja kira-kira barang yang diperlukan.
 

2. Persiapan Baju


Hal yang sangat wajar bila Anda membawa segalanya. Yang dimaksud di sini adalah baju olahraga untuk segala cuaca. Hujan, dingin, panas, berangin. Jangan lupa bawa topi lari, sarung tangan, dan sunglasses
 
Persiapkan juga baju yang nyaman, bukan yang hanya untuk bergaya. Anda mungkin datang sejak pagi sekali di mana udara masih dingin lalu menunggu lomba dimulai. Jadi pakai baju yang bisa menghangatkan tubuh saat pagi namun juga bisa dipakai untuk menunggu. Gunakan pakaian lari yang nyaman yang tidak akan menggesek kulit Anda. 
 
Memakai baju berlapis juga tak masalah, sehingga Anda bisa membuka baju pertama bila mulai terasa hangat. Tetapi ingat, lapisan baju harus dalam urutan yang benar sehingga Anda mudah untuk melepasnya. Anda bisa mengikatkan kaos pada pinggang atau melepaskan kaos begitu saja. Beberapa lomba mengumpulkan baju yang dibuang lalu disumbangkan bagi yang membutuhkan. Jadi sambil lari Anda bisa berdonasi sekalian.
 
Anda boleh mengikuti ide ini: Sematkan nama Anda dengan huruf yang cukup besar pada kaos. Sehingga orang-orang yang menonton di pinggir jalan dapat menyemangati Anda sambil memanggil nama Anda. Ini bisa bikin Anda lebih semangat, lho.
 

3. Barang Wajib Dibawa

Jika menggunakan pesawat untuk pergi ke tempat lomba lari maraton, masukkan barang-barang yang Anda perkirakan akan dipakai saat lari ke dalam tas kabin. Bawalah terus bersama Anda. Jangan dimasukkan ke dalam bagasi pesawat.
 
Beberapa barang yang harus dibawa dalam tas kabin adalah baju untuk lari, sepatu lari, barang-barang supporter lari misalnya knee supporter, kaos kaki, informasi lari, lensa kontak atau kacamata, makanan nutrisi, obat-obatan, body lotion, handuk kecil untuk Anda mengelap keringat, dan lain-lain. 
 
Sementara barang yang sebaiknya Anda bawa saat lari maraton cukup dimasukkan ke dalam tas backpack kecil. Pastikan Anda membawa makanan tinggi nutrisi, minuman yang mengandung elektolit, telpon, kunci hotel/mobil, uang, obat-obatan, dan handuk kecil.