Home  »  News   »  
News

Perusahaan Asal India Luncurkan Layanan Televisi Satelit Bertenaga Surya

[Foto: voanews.com]
Baru-baru ini, sebuah perusahaan asal India bernama Simpa Networks, berhasil meluncurkan layanan televisi satelit bertenaga surya. Teknologi ini tak ayal membawa angin segar bagi masyarakat di India yang belum mendapatkan aliran listrik di lingkungannya.

Simpa Networks sendiri mulai beroperasi sejak tahun 2011. Perusahaan ini adalah satu dari ribuan perusahaan di India yang memanfaatkan pasar energi terbarukan di negara, yang mana seperlima dari penduduknya yang berjumlah 1,3 milyar masih belum menikmati aliran listrik.

Dengan mayoritas mereka yang belum menikmati aliran listrik yang berasal dari masyarakat miskin di desa-desa pinggiran, perusahaan tersebut berfokus pada penjualan produk-produk bertenaga surya seperti lampu LED, tempat pengisian ulang daya baterai, dan kipas angin.

Simpa Networks menyediakan skema pembiayaan bagi rumah-rumah di pedesaan dan toko-toko di bagian utara India. “Kami melihat peluang luar biasa di kawasan pedesaan, dimana permintaan untuk energi terus meningkat, bahkan lebih cepat dari pasokan,” ujar Piyush Mathur, CEO Simpa Networks, sebagimana dilansir dari laman VOA News.

“Panel surya di atap rumah berperan baik di kawasan yang berada dalam jangkauan distribusi listrik maupun tidak,” ujar Mathur.


Ia menambahkan, dalam banyak kasus, cara ini adalah yang paling cepat dan paling terjangkau untuk mendistribusikan listrik ke rumah-rumah dan tempat-tempat usaha di kawasan pedesaan.

Layanan bernama ‘Simpa Magic TV’ ini menyediakan lebih 100 saluran televisi satelit dengan muatan yang termasuk di antaranya komedi, berita, film dan musik. Mereka membanderolnya seharga 25.000 rupees ($390), sama dengan versi non-tenaga surya.

Layanan yang ditenagai oleh energi bersih ke rumah tangga dan perusahaan ini memiliki skema pembayaran ‘bayar sesuai yang Anda pakai’.

Layanan terdiri dari panel surya, TV, baterai, pengendali

Sistem ini terdiri dari panel surya 80-watt, televisi LED 20-inch yang hemat energi, baterai, dan pengendali pengisian daya listrik tenaga surya, bisa dicicil hingga 36 bulan. Cicilan ini dikenakan bunga, tetapi perusahaan tidak bersedia mengungkapkan perkiraan tingkat bunganya.

Untuk pemasangan sistem, para pelanggan membayar uang muka. Kemudian, pelanggan membayar dan menikmati tenaga listrik setelahnya. Pembayaran berikutnya akan menutupi total harga, dan begitu dibayar lunas, pelanggan memiliki sistem tersebut dan listrik gratis.

Sejauh ini, layanan ‘Simpa Magic TV’ memiliki sekitar 350 pelanggan di negara bagian Uttar Pradesh yang terletak di bagian utara.

Simpa menggunakan teknologi “SmartPanel” untuk memantau dan mengontrol panel surya yang dipasang di atap rumah. Para pelanggan membeli listrik prabayar: SmartPanel menyalurkan listrik hingga pulsa prabayar habis, dan pelanggan harus mengisi ulang.

Perusahaan tersebut mengatakan, program cicilan ini efektif karena sebagian besar keluarga di pedesaan tidak akan mampu membayar secara tunai teknologi semacam itu. Tanpa adanya sejarah catatan kredit, sebagian besar akan dianggap ‘tidak layak dapat pinjaman’ dan tidak akan dengan mudah mendapatkan pinjaman.

Karena layanan televisi bertenaga surya masih baru dan hanya segelintir orang yang mengetahui bagaimana menggunakan dan merawatnya, perusahaan tersebut menyatakan, Simpa sudah melatih teknisi tenaga surya di pedesaan yang kemudian akan bertanggungjawab untuk instalasi, pelayanan, dan penagihan pembayaran cicilan bulanan.