News

Perusahaan Jepang Ciptakan Alat Pembaca Emosi Anjing Peliharaan

[Foto: inupathy.com]
Bagi Anda yang menyukai anjing atau bahkan memeliharanya, pernahkah Anda bertanya-tanya apa yang sebenarnya diinginkan anjing Anda? Sekarang, Anda bisa dengan mudah mengetahuinya dengan temuan baru yang berikut ini. Sebuah perusahaan asal Jepang telah menciptakan sebuah alat bernama “Inupathy” yang dapat membaca emosi dan memonitor kesehatan anjing peliharaan. Nama “Inupathy” sendiri berasal dari kata “Inu” yang berarti “anjing” dan “pathy” dari kata “empathy”.

Perangkat ini berbentuk sebuah harness (semacam kalung anjing) yang bisa dengan mudah dipasangkan ke leher anjing peliharaan Anda. Inupathy bekerja dengan cara memonitor detak jantung si anjing melalui Heart Rate Variation Analysis. Lalu, algoritma sistem tersebut dapat memperkirakan emosi anjing tersebut berdasarkan pola yang sudah terekam. Emosi anjing akan ditampilkan melalui cahaya berwarna pada kalung tersebut. Misalnya, jika anjing peliharaan Anda merasa bahagia, maka kalung tersebut akan menampilkan warna pelangi. Jika anjing tersebut sedang serius, kalung tersebut akan menampilkan cahaya putih yang berkedip-kedip.

[Foto: inupathy.com]
Perangkat ini juga dilengkapi dengan fitur “Play Mode” yang akan memberikan Anda rekomendasi aktivitas-aktivitas yang bisa Anda lakukan bersama anjing peliharaan Anda. Misalnya saja, bermain frisbee, kejar-kejaran, atau main petak umpet. Anda bisa merekam pola emosi anjing Anda pada saat bermain, yang memungkinkan Anda untuk memonitor aktivitas apa yang paling disukai oleh anjing peliharaan Anda.

Joji Yamaguchi selaku co-founder Inupathy menyatakan bahwa jika kita bisa memahami emosi anjing kita dengan baik, maka kita pun bisa merawat mereka dengan lebih baik. Harapannya, perangkat ini dapat membantu penggunanya untuk memahami kebutuhan anjing peliharaannya.

Lalu, apakah perangkat ini bisa digunakan untuk hewan peliharaan lain? Sayangnya, untuk sementara ini perangkat ini terbatas untuk digunakan pada anjing peliharaan saja. Tapi, siapa tahu suatu saat perusahaan ini akan memperluas jangkauan produknya dan membuat perangkat “nekopathy” untuk kucing peliharaan 😀

Jangan lupa ikuti kami di Twitter untuk mendapatkan update terbaru dari @LabanaID