News

Perusahaan Perancis Ini Membuat Tempat Sampah Pendeteksi Sampah Daur Ulang

[Gambar: twitter | twitter.com]
Di Indonesia, pemerintah telah mengupayakan tempat sampah dengan warna yang berbeda untuk mempermudah mendaur ulang sampah-sampah tersebut. Namun kenyataannya tidak semudah itu. Memutuskan apa yang dapat dan tidak dapat didaur ulang bukan urusan yang cukup sederhana bagi masyarakat.

Nyatanya, tidak semua bahan dapat didaur ulang dengan cara yang sama. Plastik dapat didaur ulang, kotak dan kardus dapat didaur ulang, namun dapatkah lapisan plastik di bagian atas botol didaur ulang bersama dengan botolnya? Dalam satu kemasan produk, sering kita temui lebih dari satu bahan. Hal ini tentunya semakin mempersulit kita memilah sampah untuk didaur ulang.

Untungnya, perusahaan asal Perancis Uzer akan segera menjawab keresahan masyarakat terkait daur ulang sampah. Dengan Eugene, tempat sampah pintar, semua ambiguitas ini akan terjawab. Eugene bekerja dengan cara memindai UPC yaitu Universal Product Code atau Kode Produk Universal berupa barcode pada kemasan yang hendak didaur ulang.

Layar kecil di bagian depan tempat sampah bernama Eugene ini akan memberitahu kita apa kemasan yang bisa didaur ulang dan apa yang tidak, misalnya botol plastik. Bagian botol dapat didaur ulang namun lapisan plastik di bagian atas botol harus dibuang.

Eugene pun hadir bersama dengan aplikasi smartphone yang dapat digunakan baik pada Android maupun iOS. Aplikasi Eugene akan membantu kita mengetahui pengaruh kita pada lingkungan berdasarkan apa yang telah kita daur ulang selama ini. Dengan demikian, diharapkan aplikasi Eugene mampu memotivasi masyarakat untuk berlomba memberi pengaruh baik pada lingkungan.

Aplikasi Eugene pun memberi tahu apa yang telah kita buang dan dengan otomatis menambahkannya ke daftar belanja ketika kita berkunjung ke toko lain waktu. Tak hanya itu, Eugene pun mengawasi informasi gizi untuk kita. CEO Uzer, Clément Castelli, mengatakan bahwa brand mungkin ingin memberi diskon berdasarkan berapa banyak produk yang telah kita daur ulang. Sehingga dengan menggunakan Eugene masyarakat diharapkan semakin giat membuang sampah pada tempatnya dan peduli pada kebersihan lingkungan.

Eugene kabarnya tengah dalam tahap penggalangan dana publik dari Kickstarter, platform pendanaan umum terbesar di dunia yang ada di Perancis bernama KissKissBankBank. Uzer pun telah berencana untuk ikut serta dalam CES pada bulan Januari di AS untuk memamerkan Eugene, si tempat sampah pintar. Kabarnya, Uzer sudah berencana untuk merilis produk kedua yang akan dipamerkan pada showtime mendatang.

 

Jangan lupa ikuti kami di Twitter untuk mendapatkan update terbaru dari @LabanaID