News

Perusahaan – Perusahaan Label Rekaman Tuntut Situs YouTube-mp3.org

[Foto: wsj.com]
Sekumpulan label rekaman seperti Sony, Universal, Warner Bros, dan label lainnya menuntut operator situs YouTube-mp3.org, yang memberikan layanan kepada penggunanya untuk mengunduh audio dari video YouTube yang dapat distreaming secara bebas.

Pada hari Senin lalu (26 September 2016) para penggugat mengajukan gugatan hak cipta di pengadilan pusat California dan menyatakan bahwa “Aktivitas ripping [terhadap materi] streaming telah menjadi ancaman besar bagi industri musik, karena ia bertindak sebagai alternatif yang melanggar hukum terhadap aktivitas pembelian rekaman musik dan berlangganan untuk layanan streaming.” Memang, pengunjung situs bisa dengan mudahnya mencomot audio dari sebuah video yang ada di YouTube, lalu memilikinya—secara ilegal—dalam format MP3. Para penggugat menyatakan bahwa “puluhan, atau bahkan ratusan, dari jutaan lagu disalin dan didistribusikan secara ilegal oleh penyedia layanan ripping ini setiap bulannya.”

YouTube-mp3.org sendiri memiliki puluhan juta pengguna dan dibanjiri oleh permintaan ripping audio setiap harinya. Pengguna cukup memasukkan tautan video YouTube ke dalam situs tersebut dan tinggal mengklik sebuah tombol untuk mendapatkan file audio yang diinginkan. “Situs ini meraup jutaan dari hasil jerih payah para musisi, penulis lagu, dan label,” kata presiden Asosiasi Industri Rekaman Amerika, Cary Sherman, dalam sebuah pernyataan.

YouTube-mp3.org, yang diduga dijalankan oleh sebuah perusahaan Jerman dan seorang warga negara Jerman bernama Philip Matesanz, dituding sebagai “pelaku utama dari 40% kasus ripping ilegal yang terjadi di seluruh dunia.” Dalam kasus ini, Matesanz digugat atas tuduhan pelanggaran hak cipta, pelanggaran hak cipta iuran, pelanggaran hak cipta perwakilan dan bujukan pelanggaran hak cipta. Namun, sang tertuduh sampai sekarang belum mengomentari atau menindaklanjuti kasus ini. Selain menuntut ganti rugi, industri musik juga mendesak pengadilan untuk mengeluarkan surat perintah yang melarang web host, pengiklan, dan pihak ketiga lainnya untuk memfasilitasi akses ke youtube-mp3.org.

Jangan lupa ikuti kami di Twitter untuk mendapatkan update terbaru dari @LabanaID