Home  »  News   »  
News

Pesan Starbucks Kini Lebih Praktis Melalui Amazon Alexa

[Foto: engadget.com]
Starbucks dikabarkan tengah menguji coba fitur yang memungkinkan pelanggan untuk memesan Starbucks dengan menggunakan perintah suara atau melalui voice assistant Amazon, Alexa. Itu artinya, pengguna Echo smart speaker ataupun perangkat yang didukung oleh Alexa sudah bisa menggunakan fitur ini. Namun, perlu dicatat bahwa sejauh ini fitur tersebut baru tersedia bagi seribu pelanggan terpilih di Amerika Serikat yang menggunakan perangkat iOS. Kelak, Starbucks akan memperluas jangkauannya secara bertahap dan menambah dukungan untuk perangkat Android.


Pada fitur My Starbucks barista di aplikasi resmi Starbucks, pengguna dapat menggunakan perintah suara atau teks untuk memesan atau membayar pemesanannya sebelum mengambilnya di toko. Dengan menggunakan Alexa, pelanggan cukup mengatakan “Alexa, order my Starbucks,” lalu aplikasi tersebut secara otomatis akan memesan menu yang biasa Anda beli.

Fitur My Starbucks barista ini didukung oleh sistem Artificial Intelligence (AI) yang telah disuntikkan pada aplikasi mobile Starbucks. Integrasi pada fitur yang ada pada aplikasi mobile memungkinkan pelanggan untuk memesan dan membayar pesanan mereka hanya dengan menggunakan suara mereka. Antarmuka bagian pesan juga memungkinkan pelanggan untuk berbicara atau menulis pesan—sama seperti jika mereka sedang berbicara dengan barista di kafe—termasuk memodifikasi minuman mereka untuk memenuhi preferensi pribadi mereka.

CTO Starbucks Gerri Martin-Flickinger mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa Starbucks berharap untuk dapat “belajar banyak dari kedua pengalaman ini dan mengembangkannya dari waktu ke waktu.” Ia juga memaparkan bahwa tim Starbucks “fokus untuk memastikan agar fitur voice ordering dalam aplikasinya benar-benar pribadi. Penting juga untuk menemukan mitra yang tepat di Amazon yang dapat menguji dan mempelajari kemampuan baru ini.” Starbucks juga yakin bahwa kehadiran fitur tersebut pasti akan sangat memudahkan bagi penggunanya.