News

Ponsel Android Anda Hilang? Tinggal Googling Saja

Jika sebelumnya kita harus mengakses Android Devices Manager untuk menemukan lokasi ponsel Android kita, sekarang cukup mencarinya di Google.com. Cukup ketik “find my phone”, maka lokasi ponsel akan ditampilkan. Selain itu kita juga bisa menyalakan dering ponsel kita langsung melalui browser. Jadi jika ponsel kita terselip, kita bisa dengan mudah menemukannya dari suara dering yang terdengar.

Tentunya ada beberapa syarat agar fitur ini bisa digunakan. Saat mencarinya di Google, anda harus dalam kondisi sudah login dengan akun Google yang sama di ponsel Android anda. Selain itu perangkat Android anda harus sudah ter-install dengan aplikasi Google app terbaru.

Kondisi sinyal tentu saja berpengaruh ke hasil pencarian ini. Dalam percobaan kami, ketika mencoba mencari ponsel Nexus 4 yang berada persis di sebelah notebook yang kami gunakan, Google gagal menemukannya. Kemungkinan karena posisi ponsel yang berada di dalam ruangan, di sebuah gedung bertingkat, sehingga sinyal GPS maupun sinyal internet, sulit didapatkan.

Fitur ini sebenarnya juga bukan hal baru. Sebelumnya kami pernah mencoba dengan Android Devices Manager. Ponsel berhasil ditemukan, dan deringnya berhasil dinyalakan. Tapi tentu lebih mudah mengetikkan “find my phone” di Google.com daripada menggunakan Android Devices Manager.

[Sumber: Google+]

Jangan lupa ikuti kami di Twitter untuk mendapatkan update terbaru dari @LabanaID