Home  »  Tips & Guide   »  
Tips & Guide

Pria Bisa Kena Kanker Payudara

Berbicara tentang payudara, yang terbersit tentu langsung sosok wanita. Termasuk berbicara mengenai kanker payudara, yang terbayang pasti wanita. Padahal, pria pun memiliki jaringan payudara. Hal ini berarti mereka juga memiliki peluang terkena kanker payudara.
 
Untungnya, persentase pria yang menderita kanker payudara sangat kecil. Hanya 1:1000 pria yang dapat terkena kanker payudara. Meski begitu, kanker payudara pada pria tetap bisa mengancam nyawa, sama seperti kanker payudara pada wanita. Lalu dengan risiko ini, apakah produk asuransi kesehatan Anda sudah memberikan proteksi maksimal? 
 
 

Penyebab Kanker Payudara pada Pria

Salah satu pemicu kanker payudara adalah hormon estrogen yang banyak. Umumnya, pria hanya sedikit sekali memiliki hormon estrogen. Itulah sebabnya kanker payudara pada pria sangat jarang terjadi.
 
Namun, gen yang bermutasi pada pria bisa menyebabkan sel-sel pada payudara berubah menjadi ganas atau menjadi sel kanker. Kelainan genetik dan faktor keturunan kanker payudara juga meningkatkan risiko terjadinya kanker payudara pada pria. 
 
Sebab lainnya adalah membran yang membesar pada payudara. Pengonsumsian rokok yang menyebabkan timbulnya sel kanker lalu menyebar ke payudara juga menyebabkan timbulnya kanker payudara pada pria. Umumnya kanker payudara pada pria terjadi pada usia 60 dan 70. Sangat jarang terjadi pada usia di bawah 35 tahun. Tidak seperti wanita yang bisa terkena kanker payudara pada usia muda.
 
 

Kenali Tanda-Tanda Kanker Payudara pada Pria


Tingkat bahaya kanker payudara pada pria sebenarnya sama pada wanita. Namun, biasanya pria tidak menyadari bila terkena kanker payudara. Ini karena pria jarang memperhatikan area payudara. Mereka tidak langsung curiga bila ada keganjilan dengan kondisi payudara mereka.
 
Selain itu, jaringan payudara yang kecil membuat pria sulit untuk merasakan keanehan. Sehingga sulit untuk dideteksi dini. Ini berarti kanker bisa cepat menyebar ke jaringan di sekitarnya.
 
Gejala kanker payudara pada pria sebenarnya sama pada wanita. Sayangnya, tidak seperti wanita, pria cenderung mengacuhkan tanda-tanda kanker payudara tersebut, dan malas mengunjungi dokter. Beberapa gejala kanker payudara pada pria yang perlu diwaspadai antara lain:
 
  1. Benjolan pada payudara, baik terasa sakit maupun tidak. 
  2. Kulit payudara yang masuk ke dalam atau berkerut.
  3. Puting masuk ke dalam.
  4. Kemerahan atau sisik pada puting atau kulit payudara.
  5. Keluar cairan dari puting. Baik berwarna bening, putih, atau merah.
 
Kadang, sel kanker payudara bisa menyebar ke daerah limpa yang ada pada ketiak atau sekitar tulang selangka. Membuat ketiak dan daerah sekitar tulang selangka bengkak atau benjol, meski tumor asli yang ada pada jaringan payudara tidak terlalu besar untuk bisa diraba.
 
Namun pembengkakan pada payudara pria tidak selalu berarti kanker payudara. Bisa jadi ini karena gynecomastia, yaitu pembesaran jaringan payudara yang tidak berbahaya. Namun tetap saja, bila melihat suatu hal yang tak wajar pada payudara Anda, sebaiknya Anda segera berkonsultasi dengan dokter.