Home  »  Opinion   »  
Opinion

Pria Ini Klaim Nokia 3310 Miliknya Awet Hingga 17 Tahun

[Foto: mirror.co.uk]
Pada zamannya, Nokia 3310 menjadi primadona. Setiap orang yang memilikinya, mereka seperti punya barang mewah nan keren. Ponsel yang dikenal tahan banting ini juga membuat banyak penggunanya mengenal dan ketagihan dengan game Snake 2.

Namun, tahukah Anda bahwa Nokia 3310 bisa betahan hingga 17 tahun? Pernyataan ini diungkapkan oleh seorang pria bernama Dave Mitchell yang memiliki sebuah Nokia 3310. Seperti dilansir dari Mirror, ia mengaku sudah memakainya selama 17 tahun.

Ia mengatakan, meski sudah pernah mengikuti tiga kali dinas militer ke tiga negara, ponsel Nokia miliknya masih berfungsi. Pria berusia 49 tahun itu membeli Nokia 3310 pada tahun 2000, dimana saat itu masih sangat populer.

Menurut Mitchell, ponsel tersebut tidak pernah lepas dari dirinya. Bahkan, ia mengaku sudah menggunakannya selama dua dekade. Ia menceritakan, Nokia 3310 miliknya pernah dibawa ketika berdinas ke Afganistan, Irak, dan Jerman. Hingga saat ini, Mitchell sangat bangga karena pembaca sinyalnya juga masih sangat kuat dengan empat bar sinyal aktif.

Bagi pria mantan tentara ini, telepon adalah untuk membuat dan menerima panggilan dan teks. Ia menambahkan, ponselnya itu sempat didiamkan di laci hingga berdebu selama beberapa waktu.

“Namun, anak perempuan saya baru saja masuk ke perguruan tinggi. Saya sangat khawatir. Ia dan anggota keluarga lain memaksa saya untuk memiliki ponsel sehingga kami bisa terus berhubungan saat dalam kondisi darurat,” ungkap Mitchell.


Lebih lanjut, ia juga bercerita bahwa anaknya sempat memberikan smartphone yang bisa digunakan untuk mengakses internet. Namun, ia tidak menginginkan hal itu. “Kebutuhan saya sangat sederhana, yaitu sebuah ponsel yang memiliki kalkulator dan game Snake 2, jika saya sedang bosan,” katanya.

Karena ‘prinsip’ sederhananya itu, tak jarang ia menjadi bahan ledekan. Selain menemani perjalanan dinas militernya ke tiga negara selama 10 tahun, Nokia 3310 milik Mitchel juga sering terlempar, masuk mesin cuci, hingga masuk ke kuah kari. Ia mengatakan jika terjadi sesuatu pada ponselnya, ia hanya perlu menyatukan kembali kedua sisinya. “Sangat kuat, layaknya terbuat dari batu kryptonite,” ujarnya.

Ketika menggunakan sebuah smartphone, ia mengeluh karna harus membayar paket data yang tidak pernah dipakai. “Saya hanya perlu isi ulang senilai 10 pound sebulan, tapi jadi frustasi karena harus bayar mahal untuk data yang tidak dipakai. Lalu, dengan Nokia 3310 itu saya hanya perlu mengisi baterai seminggu sekali,” ujar Mitchell.

Soal kamera ponsel, ia mengatakan bahwa dirinya tidak butuh kamera di smartphone. “Jika mau foto, saya akan berfoto dengan kamera. Tidak butuh smartphone berkamera.”

Mitchell mengaku bukan orang yang ‘gaptek’ atau gagap teknologi. Ia hanya tidak ingin memandangi smartphone tiap menit. Maka dari itu, ia lebih memilih menggunakan ponsel jadul tersebut. Soal kebutuhan internet, ia mengatakan lebih senang menggunakan PC.

Mitchell mengaku Nokia 3310 miliknya bisa menangkap sinyal dengan baik untuk keperluan telepon dan SMS, walaupun ia tinggal di daerah pedesaan yang minim sinyal.

Lebih Kuat dari Samsung Galaxy S4

Berbicara soal Nokia 3310, sudah banyak yang membandingkannya dengan ponsel masa kini. Sebagai contoh, ponsel jadul ini ternyata memiliki keunggulan yang tidak dimiliki oleh Samsung Galaxy S4. Demikian pernyataan dalam laman Phone Arena.

Salah satu buktinya adalah Nokia 3310 dibangun untuk bertahan. Jika sama-sama dijatuhkan dalam ketinggian yang sama, maka jarang sekali ditemui layar Nokia 3310 yang pecah berantakan hingga rusak parah. Sedangkan Galaxy S4 mungkin akan mengalami kerusakan serius dengan bentuk goresan, bahkan retak dan pecah.