News

Punya Google Drive Tak Halangi Google Bermitra Dengan Box

[Foto: forbes.com]
Saat orang lain heboh dengan Apple dan peluncuran iPhone 7 terbarunya, Google mengumumkan bahwa mereka menjalin kemitraan dengan Box, sebuah perusahaan penyimpanan online. Kedua perusahaan tersebut akan berkolaborasi dalam berbagai program yang di antaranya adalah integrasi antara Box, Google Docs, dan Google Springboard. Integrasi ini diharapkan dapat memberikan pelayanan dan pengalaman yang lebih baik ketika pengguna bekerja dan berkolaborasi dengan menggunakan cloud.

“Misi Box adalah mengubah cara orang-orang dan organisasi bekerja. Kombinasi platform konten perusahaan dari Box yang bergabung dengan teknologi cloud kelas dunia dari Google akan membantu semua sektor bisnis untuk meningkatkan produktivitas dalam organisasi mereka,” kata Aaron Levie, co-founder dan CEO Box. “Hubungan yang baru, sederhana, dan kuat antara Box, Google Docs, dan Google Springboard hanyalah sebuah permulaan bagaimana Box dan Google dapat memberikan cara yang lebih baik untuk bekerja di cloud.”

Dengan adanya kemitraan ini, kini pengguna Google Docs dapat menyunting dan berkolaborasi secara langsung di dalam layanan Box. Mereka juga dapat menyimpan data-data tersebut ke dalam platform cloud dari Box. Integrasi antara kedua perusahaan ini merupakan sebuah gebrakan baru dalam industri penyimpanan file perusahaan, karena Google Drive sendiri sebenarnya sudah memiliki layanan serupa yang memungkinkan pengguna untuk menyimpan dan mengedit data pada cloud.

Menurut blog Google, mereka juga akan mengintegrasikan Box dengan layanan Google Springboard miliknya. Dengan begini, pengguna pun dapat menemukan informasi maupun data yang dibutuhkannya, dimanapun data tersebut disimpan, baik di Gmail, Drive, Docs, atau Box. Hal ini tentunya akan sangat berguna bagi perusahaan yang menggunakan layanan Google dan Box secara bersamaan.

Dengan menawarkan pilihan yang lebih fleksibel dan lebih banyak kepada penggunanya, Google nampaknya benar-benar menganggap serius bidang penyimpanan data perusahaan dan inging menjadi salah satu pemain besar dalam bidang ini.

Jangan lupa ikuti kami di Twitter untuk mendapatkan update terbaru dari @LabanaID