News

Qlue akan Meluncurkan Layanan Pengiriman Barang Menggunakan Drone: Qlue-Jek

[Foto: Qlue YouTube Account]
Qlue – Aplikasi Solusi Smart City yang populer di warga Jakarta, baru saja merilis video yang menginformasikan tentang layanan baru mereka, Qlue-Jek. CEO Qlue Rama Raditya menjelaskan bahwa Qlue-Jek merupakan layanan baru dari Qlue untuk solusi pengiriman barang menggunakan drone. Melihat hitungan mundur di laman websitenya, layanan ini akan meluncur paling tidak dalam 2 hari ke depan.

Hal yang mendasari Qlue untuk mengembangkan solusi ini adalah karena pengiriman barang yang ada saat ini masih menghadapi kendala besar, yaitu kemacetan. Walaupun tidak disebutkan oleh Ivan Tigana, kemungkinan besar hal ini berkaca pada pengiriman barang di area Jakarta dan sekitarnya. Project Manager Qlue-Jek ini juga menjelaskan lebih lanjut bahwa konsep utama Qlue-Jek ini adalah solusi pembelanjaan dan pengantaran online yang berbasis aplikasi dan drone.

Batasan

Dengan perangkat seukuran sebuah drone, tentu saja ada batasan barang yang bisa diantarkan. Ivan mengatakan bahwa barang yang dapat dikirimkan oleh Qlue-Jek berat maksimumnya adalah 5kg karena barang dengan berat segitu masih dapat dibawa dengan drone Qlue-Jek secara stabil. Selain itu batasan lain Qlue-Jek ini adalah adalah maksimum radius pengantaraan 25 kilometer.

Dioperasikan Mantan Pilot Helikopter

Seperti layaknya pesawat terbang, drone juga dioperasikan oleh pilot, umumnya disebut pilot drone. Qlue-Jek sendiri tidak main-main untuk memilih pilot dronenya. Mereka memilih seorang mantan helikopter Badan SAR untuk menjadi pilot drone Qlue-Jek.

Pengoperasion drone Qlue-Jek ini bisa dilakukan secara otomatis maupun manual. Johanes Edward -Head of Drone Division (mantan pilot helikopter) menambahkan, untuk mengoperasikan drone Qlue-Jek ini mereka mengandalkan Remote Control, Virtual Reality Headset dan tentu saja drone.

Keamanan dan Regulasi

Sayang di dalam video ini, tidak ada penjelasan soal keamanan Qlue-Jek. KRL yang resmi beroperasi dan dilindungi pemerintah pun masih saja mengalami tindakan vandalisme. Bukan tidak mungkin nantinya Qlue-Jek akan mengalami hal yang sama.

Selain soal vandalisme, faktor cuaca tentu menjadi ancaman bagi layanan ini. “Kalo tiba tiba hujan sama angin kenceng apa kabar?” ujar Angga seorang IT Manager di Sumatera Utara mengomentari video ini.

Selain soal keamanan, informasi soal regulasi yang telah atau akan dipenuhi Qlue-Jek terkait layanannya ini juga tidak disebutkan. Walaupun saat ini belum ada layanan sejenis yang menjadi kompetitor Qlue-Jek, bukan tidak mungkin ada berbagai regulasi yang harus diikuti Qlue-Jek. Sebagai referensi, Amazon.com -raksasa e-commerce asal Amerika- juga memiliki ide yang sama dengan Qlue-Jek. Pada Maret 2015  Amazon akhirnya mendapatkan ijin FAA untuk bisa mengoperasikan drone untuk pengiriman barang. Itupun baru sebatas ijin untuk eksperimen. Semoga Qlue-Jek nantinya tidak tertahan regulasi yang belum dipenuhi.

[UPDATE]

Melalui newsletter yang dikirimkan kepada para anggotanya, Qlue akhirnya mengkonfirmasi bahwa ini hanyalah keisengan April Mop belaka. Tujuan videonya ini untuk mengkampanyekan semangat #BERANIBERUBAH, tentunya berubah untuk lebih baik bagi masyarakat dan lingkungan sekitar.

We gotta say, yeah.., you got us. 😀

Jangan lupa ikuti kami di Twitter untuk mendapatkan update terbaru dari @LabanaID