News

Qualcomm Siap Merilis Dual-Camera untuk Handphone

[Gambar: techniblogic | techniblogic.com]
Kini, kamera merupakan salah satu fitur yang paling penting untuk dipertimbangkan ketika seseorang hendak membeli smartphone. Tak heran, oleh karena itu tak sedikit perusahaan produsen gawai yang berbondong-bondong menciptakan kamera dengan kualitas terbaik untuk melengkapi ponsel pintar yang mereka produksi.

Sekarang, lahir keistimewaan yang telah ditunggu para penggila fotografi, yaitu dual-camera. Teknologi yang pasalnya disebut sebagai fitur yang paling mutakhir di masa kini dari sebuah kamera pada smartphone. Kabarnya, dual-camera ini mampu mneghasilkan efek 3D. Tak heran, pengalaman tersendiri dalam mengambil gambar dengan cara yang canggih ini sangat dinantikan oleh para pengguna gawai.

Tak ingin kalah, seperti dilansir dari TheVerge, Qualcomm, perusahaan multinasional semikonduktor dan peralatan telekomunikasi Amerika pun ikut meramaikan kancah teknologi di dunia dengan dual-camera yang akan melengkapi smartphone dan tablet produksinya. Namun sayang, fitur yang canggih ini hanya akan hadir pada smartphone dan tablet yang memiliki spesifikasi prosesor Snapdragon 820 atau Snapdragon 821.

Dengan nama Clear Sight, fitur baru dari kamera pada ponsel pintar gubahan Qualcomm ini tak sama dengan dual-camera yang dimiliki oleh iPhone 7 Plus. Bukannya menggunakan second camera untuk memperbesar, Qualcomm memakai second camera untuk memperbaiki kualitas gambar terutama ketika pengguna sedang dalam kondisi gelap atau kurang cahaya.

Selain itu, Qualcomm menggunakan sensor black-and-white untuk mengambil gambar agar hasil yang diperoleh tampak lebih detil. Perusahaan multinasional ini sensor black-and-white dengan sensor berwarna. Dengan demikian, dual camera milik Qualcomm ini dijamin akan menghasilkan gambar yang jauh lebih tajam.

Selain itu sensor black-and-white yang digunakan Qualcomm juga dapat mengambil gambar lebih bagus ketika sedang dalam kondisi gelap dan remang daripada sensor berwarna. Dengan menggabungkan  sensor B&W  dan sensor berwarna, Qualcomm akan menghasilkan gambar yang lebih detail.

Belum lama, Oktober silam, fitur dual camera semakin terkenal di kalangan masyarakat dan naik daun. Diawali dengan LG dan Huawei yang telah menhadirkan keistimewaan yang canggih ini pada kamera yang mereka cetak. Kemudian, diikuti oleh Apple yang akan menghadirkannya pada iPhone 7 Plus. Tentuanya hal ini membuat dual kamera semakin marak dan digandrungi masyarakat, terutama para penggila teknologi.

Dikutip dari TheInquirer, “ISP Qualcomm Spectra dalam prosesor Snapdragon ini direkayasa untuk menggabungkan dan memproses data secara bersamaan dari kedua kamera untuk membuat foto berkualitas tinggi, bahkan dalam cahaya yang sangat rendah, dengan menggunakan algoritma untuk menggabungkan foto yang diambil dari masing-masing kamera,” kata Qualcomm kepada pihak TheInquirer.

“Hasilnya mengejutkan, karena teknologi ini dirancang untuk meniru mata manusia. Jelas penglihatan ditingkatkan dan direkayasa untuk memberikan foto,” lanjut pihak Qualcomm kepada pihak TheInquirer.  Dual-camera pun mengaku sanggup memberikan ketajaman dan kurang noise dalam cahaya rendah.

Dual-camera tampaknya akan menjadi tren terbaru, berhubung di Indonesia tak sedikit masyakarat yang menggunakan media untuk bersosisalisasi yang berbasis pada postingan berbentuk gambar. Sehingga, kamera yang canggih merupakan salah satu aspek penting untuk meraih popularitas di berbagai medsos, salah satunya adalah Instagram.

Akankah terjadi perseteruan dan saling sindir terkait dual-camera? Dengan merk gawai tertentu sebagai patokan prestise, bagaimana para perusahaan produsen gawai saling berlomba memenangkan hati masyarakat dan tentunya penggemar?

Jangan lupa ikuti kami di Twitter untuk mendapatkan update terbaru dari @LabanaID