Home  »  Tips & Guide   »  
Tips & Guide

Rahasia Menggunakan Strategi Pemasaran dari Mulut ke Mulut

[Foto: mannersmentor.com]
Semua orang tahu bahwa pemasaran dari mulut ke mulut adalah satu metode yang sangat efektif untuk menjual sesuatu produk. Proses awalnya relatif lamban, tapi jika sudah menyebar maka dampaknya akan sangat terasa, bahkan metode ini bisa membuat produk Anda menjadi sangat viral. Hal ini bahkan mampu dicapai tanpa perlu tergantung pada internet. Dahulu pemasaran mulut ke mulut hanya dilakukan melalui omongan langsung, tapi sekarang ia dapat terjadi juga melalui jari-jemari yang mengetik pesan atau komentar di internet. Lalu, apa sih resepnya agar sebuah produk atau layanan bisa menjadi buah mulut orang banyak?

Berikan sesuatu yang unik dan tidak biasa. Suatu produk akan menjadi buah mulut orang jika produk tersebut memiliki unsur yang tidak biasa dan unik. Sesuatu yang belum pernah terjadi kepada mereka. Produk atau layanan yang biasa-biasa saja tidak akan menjadi buah mulut orang banyak. Dimulai dengan penggunaan nama perusahaan yang unik, produk atau layanan yang unik, tingkat kualitas produk yang dihasilkan, cara bagaimana produk itu dihasilkan, hingga kualitas layanan yang diberikan, semua ini bakal menjadi viral di masyarakat jika mereka belum pernah merasakan apa yang mereka dapatkan dari Anda. Jika apa yang pengguna rasakan ketika menggunakan produk atau layanan Anda itu adalah sesuatu yang unik dan tidak pernah terlintas di pikiran mereka, maka produk atau layanan yang Anda tawarkan pasti akan menjadi bahan cerita mereka ke teman-teman mereka.


Berikan layanan yang terbaik. Bayangkan Anda pergi ke sebuah bank yang memang terkenal dengan waktu menunggunya yang lama. Semua cabang, termasuk yang Anda kunjungi, memang selalu dipenuhi oleh banyak orang. Setiap kali Anda ke sini, Anda sudah tahu pasti bahwa Anda harus menunggu setidaknya 2 jam sebelum nomor Anda dipanggil. Coba Anda bayangkan, hari ini Anda mendapatkan perlakuan yang sedikit berbeda. Belum juga duduk di kursi untuk menunggu, tiba-tiba nomor Anda disebut. Dalam waktu 10 menit, urusan Anda selesai. Dengan senang hati, Anda pun mungkin akan menuliskan status mengenai pengalaman tersebut di media sosial favorit Anda, lalu menceritakan pengalaman aneh Anda itu. Setiap pelayanan yang sangat baik dan cepat yang membuat para pengguna merasa istimewa, berkemungkinan besar akan menjadi viral.

Harga yang ditawarkan sangat terjangkau. Baca dengan teliti. Terjangkau bukan berarti harga yang paling murah. Terjangkau berarti pengguna akan memperoleh sesuatu yang sebanding, layak atau lebih dari apa yang dibayar. Contoh yang baik yang mudah dilihat adalah toko makan. Setiap toko makan di daerah perumahan atau kantor Anda yang masakannya memang tiada tandingan sedapnya, dan harganya pula terjangkau, Anda pasti tahu jika sudah tiba waktu makan, restoran-restoran ini akan ramai pengunjung. Kenapa? Karena ini sudah menjadi buah mulut orang

Punya cerita-cerita yang tidak seharusnya Anda tahu. Jika sesuatu hal itu tidak ‘seharusnya’ diceritakan oleh seseorang, hal itulah yang bakal menjadi bahan cerita. Contoh yang paling dekat dengan kita semua adalah pada saat ponsel baru dari Apple atau Samsung bakal diluncurkan. Kita akan dengar dan baca berbagai ulasan dan rumor yang muncul di sana-sini tentang ponsel tersebut terutama tentang fitur-fitur terbaru yang akan diluncurkan.

Tulisan ini adalah kontribusi dari Azleen Abdul Rahim, seorang blogger pemasaran digital di azleen.com, dengan penyesuaian standar LABANA.id.