Home  »  Tips & Guide   »  
Tips & Guide

Rajin Main Facebook di Smartphone Android? Ini Trik Supaya Kuota Internet Anda Tidak Cepat Habis

[Foto: incimages.com]
Hingga kini, Facebook masih menjadi salah satu pilihan media sosial terfavorit bagi banyak orang. Ditambah dengan hadirnya aplikasi Facebook di smartphone, penggunanya kini bisa melakukan banyak hal dengan mudah. Misalnya saja mengunggah status, foto, hingga menonton video-video unik yang dibagikan oleh pengguna Facebook lainnya.

Namun, jika terlalu aktif menggunakan aplikasi Facebook, sadar atau tidak, kuota data Anda juga cepat habis. Lalu, bagaimana cara menghemat kuota data internet saat bermain Facebook? Melansir dari laman Android Pit, berikut adalah trik mengurangi penggunaan kuota data saat menggunakan Facebook, khususnya di smartphone Android.

Sesuaikan Pengaturan diĀ Aplikasi Facebook untuk Menghemat Data

Jika Anda suka berbagi banyak foto dan video di Facebook, mungkin hal inilah yang menjadi titik masalah borosnya kuota data Anda. Belum lagi, fitur auto-playing video yang ada di Facebook juga membuat penggunaan kuota data semakin boros.

Cara mengatasinya, masuk ke aplikasi Facebook, tap pada tanda tiga garis atau menu “Settings” yang ada di bagian kanan atas. Lalu, scroll ke bawah dan temukan menu “App Settings”. Ketuk “App Settings”, lalu Anda akan melihat berbagai pilihan seperti notifikasi, suara pada aplikasi, upload photo in HD, dan lain-lain. Pilih dan nonaktifkan “Upload Photos in HD” serta “Upload Videos in HD”.


Kini, Anda bisa memilih kapan dan bagaimana video akan diputar secara otomatis pada Feed Facebook Anda. Nah, untuk menonaktifkan fitur auto-play video pada Facebook, pilih menu “Auto-play”. Di sana terdapat pilihan “On Mobile Data and Wi-Fi Connection”, “On Wi-Fi Connection Only”, atau “Never Autoplay Videos”.

Aktifkan Data Saver Mode di Facebook

Pada aplikasi Facebook untuk Android, terdapat pilihan “Data Saver Facebook”. Menu ini membuat ukuran foto lebih kecil dan menonaktifkan fitur auto-play video di Facebook. Pengaturan ini bisa ditemukan secara mudah pada aplikasi Facebook.

Caranya, masuk ke aplikasi Facebook, lalu ketuk atau tap pada tanda tiga garis atau menu “Settings Facebook” yang ada di bagian kanan atas. Kemudian, scroll ke bawah dan temukan menu “Data Saver” atau “Mobile Data”. Lalu, aktifkan “Data Saver”. Jika mengaktifkannya, Anda juga bisa memilih untuk selalu mematikan Data Saver saat berada di koneksi WiFi.

Sebagai informasi, saat Anda mengaktifkan menu Data Saver, pilihan untuk mengunggah foto dan video dalam kualitas HD tidak perlu diaktifkan. Oleh karena itu, Anda tidak perlu menonaktifkan pengaturan unggah foto dan video dalam kualitas HD.

Perlindungan Mobile Data

Facebook juga bekerja sama dengan aplikasi pihak ketiga untuk menghemat kuota data internet para penggunanya. Tujuannya adalah untuk mengendalikan penggunaan kuota data dan melindungi informasi pribadi pengguna Facebook.

Aplikasi ini bisa ditemukan pada menu “Settings”, lalu ketuk “Mobile Data”. Saat memilih menu tersebut, Anda akan diminta untuk memasang aplikasi bernama Protect Free VPN + Data Manager.

Nantinya, aplikasi itu akan membantu membatasi aplikasi Facebook dari penggunaan data pada latar belakang (background). Selain itu, aplikasi ini juga bisa diatur agar memberikan peringatan saat Facebook menggunakan terlalu banyak kuota.

Gunakan Facebook Lite

Jika Anda tetap ingin aktif bermain Facebook tapi benar-benar ingin menghemat data, Anda bisa mencoba aplikasi Facebook Lite. Sekadar informasi, Facebook Lite merupakan versi lebih ringan dari aplikasi Facebook.

Facebook Lite dirancang untuk membuat pengguna merasakan pengalaman lebih baik dan cepat bermain Facebook, meski kondisi jaringan internet lemot. Saat ini, aplikasi ini baru hadir di Android.

Semoga tips di atas bermanfaat untuk Anda. Selamat mencoba!