Home  »  News   »  
News

Resmi Diperkenalkan, Ponsel Terbaru Nokia 150 Seharga Rp350 Ribu!

[Foto: HMD/Nokia]
Ingatkah Anda akan masa-masa ketika ponsel Nokia merajai pasar? Mungkin saat itu Anda masih duduk di bangku SMP atau SMA, ketika anak-anak di sekolah atau teman sepermainan Anda membicarakan betapa kerennya fitur di Nokia 3310, atau casing aneka warna dan motif untuk Nokia 5110.

Nampaknya menjelang akhir tahun 2016 ini, merek ponsel legendaris tersebut ingin mengenang kembali masa kejayaannya dengan merilis ponsel yang agak mirip dengan ponsel-ponsel Nokia paling laku di masa lalu. HMD Global, perusahaan Finlandia pemegang merek Nokia, baru saja memperkenalkan ponsel terbaru yakni Nokia 150 dan Nokia 150 dual-SIM.

Kedua ponsel Nokia tersebut merupakan feature phone yang bisa dibeli dengan harga murah meriah; hanya $26 atau sekitar Rp350 ribuan saja!

Tentu saja, ciri khas feature phone bisa ditemukan pada spesifikasi Nokia 150 dan Nokia 150 dual-SIM, seperti layar sebesar 2,4 inci atau 320 x 240 pixel, keypad fisik non-QWERTY yang membuat Anda kembali bernostalgia mengenang masa remaja, dan slot micro-SD yang bisa diisi hingga 32GB. Sayangnya, Nokia 150 dan Nokia 150 dual-SIM tak bisa memenuhi kebiasaan masyarakan zaman sekarang, yakni selfie. Keduanya memang tak memiliki kamera depan, namun masih dibekali dengan kamera VGA dengan flasih light di bagian punggungnya.


[Foto: HMD/Nokia]
Kedua ponsel juga dilengkapi dengan LED torchlight untuk senter, Bluetooth 3.0, FM radio, dan MP3 player. Untuk baterai cukup lumayan, karena mampu memberikan waktu bicara selama 22 jam. Selain itu, tak seperti feature phone lainnya, Nokia 150 dan kembarannya bisa di-charge dengan micro-USB charger.

Sebagai sarana hiburan, pengembang telah membekali Nokia 150 dan Nokia 150 dual-SIM dengan game klasik Snake Xenzia (versi modern dari game Snake yang mulai diperkenalkan tahun 2006 lalu).

Handset yang dilapisi bahan polikarbonat anti gores tersebut tersedia dalam warna hitam dan putih. Jika dilihat dari spesifikasinya, feature phone seperti ini lumayan tepat untuk remaja usia tanggung dan anak-anak sekolah karena tak terlalu canggih dan cenderung lebih aman digunakan, namun tetap memiliki fungsi komunikasi penuh.

Menurut laporan yang dilansir Labana dari Wired, Kamis, 15 Desember 2016, Nokia 150 rencananya akan dirilis ke pasa Asia dan Eropa pada kuartal pertama 2017, dengan harga yang telah ditetapkan, yakni $26. Peluncuran ini dimotivasi oleh kesuksesan feature phone Nokia yang sukses di pasar negara berkembang, seperti Nokia 105, Nokia 216, dan Nokia 230.

Dalam memproduksi ponsel Nokia, HMD Global bekerjasama dengan beberapa rekanan manufaktur, seperti anak usaha Foxconn dan FIH Mobile. Menurut laporan awal tahun 2016 ini, FIH Mobile telah membeli bisnis feature phone Nokia tersebut dari Microsoft senilai $350 juta, atau sekitar Rp4,6 triliun.

Pada bulan Mei 2016 lalu, HMD juga telah diberi izin untuk menjual ponsel dan tablet bermerek Nokia, yang berlaku selama 10 tahun. Saat itu, HMD menyatakan akan berinvestasi sebesar $500 juta dalam tiga tahun mendatang untuk mengembalikan bisnis ponsel Nokia.

Perusahaan tersebut dipimpin mantan kepala perangkat genggam di Nokia dan Microsoft, Arto Nummela, dan beberapa mantan karyawan senior dari Microsoft dan Nokia juga diketahui bekerja di HMD. Nokia sendiri akan menerima pembayaran bulanan dari HMD sebagai bagian dari perjanjian, sebagai kompensasi atas menggunaan merek dan patennya.

Kabarnya pada Februari 2017 mendatang, HMD Global bakal meramaikan gelaran Mobile World Congress dengan meluncurkan smartphone Android baru dengan merek Nokia.