News

Roket Antares dari Orbital ATK Berhasil Diluncurkan

[Gambar: Tempo | tempo.co]
Untuk pertama kalinya dalam dua tahun, pada akhirnya roket Orbital ATK Antares, berhasil diluncurkan ke ruang angkasa. Antares berangkat dari NASA’s Wallops Flight Facility dalam misi untuk memberikan pasokan ke Stasiun Antariksa Internasional atau International Space Station (ISS).

Roket Antares meluncur ke langit pada pukul 7:45 EDT (2345 GMT) bersama dengan kapsul kargo Cygnus Orbital ATK tanpa kru. Jutaan warga di sepanjang East Coast di AS memiliki kesempatan untuk melihat pendakian roket Antares ini yang terlihat dari utara Boston dan selatan Carolina Selatan.

Roket Antares berbelok ke tenggara dalam perjalanannya ke orbit rendah Bumi. Sekitar 9 menit, Cygnus meluncur orbit dengan membawa beban di atas 5.100 lbs. (2.300 kilogram) yang terdiri dari benda percobaan, hardware, dan perlengkapan lainnya untuk kapal astronot ISS. Peluncuran roket Antares ini adalah peluncuran Orbital ATK pertama sejak kecelakaan tahun 2014 silam.


Orbital ATK adalah perusahaan produsen kedirgantaraan dan industri pertahanan Amerika yang dibentuk pada tahun 2015 dari penggabungan Orbital Sciences Corporation dan bagian dari Alliant Techsystems berbasis di Virginia. Peluncuran roket Antares ini adalah upaya pertamanya sejak hampir dua tahun yang lalu berakhir dalam bencana ledakan beberapa detik setelah lepas landas dari Pad-0A di Wallops. Misi Peluncuran roket Antares ini bernama OA-5. Ini adalah kali keenam Orbital ATK memasok kargo resmi untuk misi NASA.

Baca Juga:  Microsoft Windows 10 Kemungkinan akan Tersedia untuk Android Phone

Pada tanggal 15 Oktober 2016, pihak NASA dan perwakilan Orbital ATK mengungkapkan keyakinan mereka bahwa OA-5 akan berjalan dengan baik. Dale Nash, direktur eksekutif Virginia’s Commercial Space Flight Authority berkata bahwa launchpad Wallops kini dalam kondisi lebih baik dari sebelumnya. Wallops launchpad menghabiskan biaya $ 15 juta untuk dibangun kembali setelah ledakan pada tahun 2014 silam. Nash mengatakan bahwa tes prelaunch OA-5 “sangat baik,” dan merupakan “dua dari tes terbersih yang pernah kami lihat.”

Kabarnya, NASA dan Orbital ATK menunda peluncuran karena surat keterangan sehat untuk Antares dan Cygnus bermasalah. Tanggal peluncuran Antares meleset beberapa hari.  Waktu kedatangan pesawat ruang angkasa Cygnus yang telah direncanakan sebelumnya ternyata bersamaan dengan waktu kedatangan pesawat ruang angkasa Soyuz dari Rusia yang mengirim tiga astronot ke ISS pada tanggal 21 Oktober 2016. Cygnus pun menunggu gilirannya dan terpaksa berputar di orbit hingga tanggal 23 Oktober 2016.