News

Rolls-Royce Bersiap Luncurkan Kapal Kargo Swa Kemudi Pada Tahun 2020

[Foto: Rolls-Royce plc | Flickr.com]
[Foto: Rolls-Royce plc | Flickr.com]
Jika sebelumnya kita banyak mendengarkan kabar mengenai mobil swa kemudi atau otonom (self-driving), kini Rolls Royce berencana untuk memperluas potensi teknologi tersebut dengan menghadirkan armada kapal kargo swa kemudi yang bisa mengangkut muatan ke seluruh dunia tanpa perlu mempekerjakan satu pun kru di atas kapal.

Perusahaan transportasi asal Inggris ini telah menggodok sebuah rencana untuk menghadirkan armada kapal kargo yang dapat dikendalikan dari jarak jauh melalui ‘holodeck’ pusat atau geladak virtual. Pada holodeck ini, para kru di darat bisa mengontrol setiap aspek pada kapal, yang dilengkapi dengan pemandangan kamera VR dan drone pantau yang bisa melihat masalah-masalah yang tidak bisa dilihat manusia.

[Foto: Rolls-Royce plc | Flickr.com]
[Foto: Rolls-Royce plc | Flickr.com]
Ya, menurut rancangan yang diberikan oleh Rolls-Royce, tidak diperlukan adanya kru manusia di atas kapal tersebut. Semua kru akan ditempatkan di pusat kontrol di darat. Bahkan, ada wacana bahwa satu orang kru bisa mengendalikan beberapa kapal kargo.

Pihak Rolls-Royce mengatakan bahwa teknologi yang dibutuhkan untuk membuat kapal swa kemudi dan otonom sudah ada. Kini, yang jadi pertanyaan bukanlah ‘Bagaimana cara melakukannya?’, tetapi ‘Kapan teknologi ini akan diluncurkan?’

Untuk proyek ini, Rolls-Royce telah bekerja sama dengan peneliti di VTT dan Aalto University untuk mengembangkan anjungan model baru yang disebut Future Operator Experience Concept atau ‘oX’ ini.

[Foto: Rolls-Royce plc | Flickr.com]
[Foto: Rolls-Royce plc | Flickr.com]
Rolls juga menjanjikan bahwa penggunaan kapal kargo swa kemudi ini akan memberikan banyak keuntungan. Salah satunya adalah bertambahnya ruang untuk menyimpan muatan, karena kapal kargo yang satu ini tidak membutuhkan adanya tempat tinggal untuk kru atau anjungan kapal. Perjalanan akan lebih aman dan efisien karena teknologi ini akan mengurangi adanya human error dan menghindari resiko-resiko lain seperti adanya bajak laut maupun cuaca buruk.

Sebuah kapal kargo, the Stril Luna, bahkan sudah dilengkapi dengan sistem Unified Bridge atau Anjungan Terpadu yang dapat mengkoordinasi semua bagian kapal. Rolls-Royce berencana untuk meluncurkan kapal kargo swa kemudi ini pada tahun 2020 mendatang.

Jangan lupa ikuti kami di Twitter untuk mendapatkan update terbaru dari @LabanaID