Home  »  Tips & Guide   »  
Tips & Guide

Saat Siapkan Persalinan, Lebih Baik Menabung atau Gunakan Asuransi?

Persiapan Melahirkan

Proses melahirkan memerlukan berbagai persiapan sebelumnya. Itulah mengapa persiapan keuangan sebelum menikah harus direncanakan sebaik mungkin. Berikut ini merupakan persiapan melahirkan yang perlu Anda ketahui:
 
1. Persiapan Mental
Persiapan mental dengan pilihan metode persalinan yang tepat akan membantu Anda mengusir rasa cemas dan khawatir. Selain itu dukungan dari suami dan keluarga memang sangat dibutuhkan untuk dapat membuat jiwa anda lebih tenang.
 
2. Tempat Persalinan
Ketika usia kehamilan sudah menginjak usia 7 bulan, ada baiknya persiapkan tempat persalinan yang tepat. Perhatikan juga waktu dan jarak tempuh. Melakukan reservasi kamar persalinan yang tepat juga bisa dilakukan sebagai persiapan sebelum melahirkan.
 
3. Perlengkapan Ibu dan Bayi
Anda juga perlu menyiapkan perlengkapan ibu dan bayi. Perlengkapan bayi mencakup popok, ASI, selimut, tissue, sarung tangan, kaos kaki, pakaian bayi, dan lain sebagainya.
 
Sedangkan perlengkapan ibu yang perlu dipenuhi seperti bra khusus untuk ibu menyusui, baju yang berkancing depan atau perlengkapan yang diperlukan sehingga mendukung ibu setelah persalinan.
 
4. Memahami Tanda Persalinan dan Dukungan Keluarga
Memahami tanda persalinan juga perlu dilakukan. Anda bisa mencari informasi sebanyak-banyaknya melalui buku, dokter, ataupun keluarga dan orang terdekat.
 
Dukungan keluarga baik dari suami, orang tua, dan saudara akan berpengaruh bagi persalinan Anda. Tentu dukungan mereka akan membuat Anda lebih semangat dan membuat ketenangan batin.
 

Perhitungan Rinci Keuangan Anda


Perhitungan rinci ini dilakukan untuk mengevaluasi dan mempersiapkan biaya persalinan sesuai budget.
 
1. Hitung biaya kontrol
Hitunglah biaya selama Anda kontrol kehamilan dengan bidan atau dokter serta hitung juga berapa kali Anda melakukan kontrol. Selain itu, perkirakan juga biaya vitamin dan asupan gizi anak. Hal ini untuk mempertimbangkan biaya persalinan nantinya.
 
2. Biaya persalinan normal
Perkirakanlah biaya jika Anda melahirkan dengan normal. Biaya persalinan normal dengan dokter di rumah sakit di kota besar bervariasi. Ada beberapa pilihan mulai kelas kamar biasa sampai VIP dengan biaya Rp2,5 juta hingga Rp12 juta.
 
3. Biaya persalinan caesar
Perkirakan juga biaya persalinan jika Anda melahirkan dengan caesar. Rumah sakit di kota besar mempunyai rentang biaya mulai dari yang termurah sampai termahal berkisar di biaya Rp8 juta  sampai dengan Rp30 juta.
 
4. Biaya tidak terduga
Hitung juga biaya lainnya yang tidak terduga selama masa kehamilan hingga bayi Anda lahir. Misalnya, biaya kunjungan ke ahli kandungan secara tiba-tiba karena ada masalah kesehatan si buah hati di dalam kandungan.
 
5. Biaya setelah kelahiran
Perkirakanlah kebutuhan perawatan apa saja setelah melahirkan dan biayanya. Misalnya, biaya mengurus bayi berupa perawatan ke dokter anak yang diperlukan mendadak.
Ada baiknya juga Anda seluruh biaya ini masuk ke dalam salah satu persiapan keuangan sebelum menikah. Ini karena jika Anda mempersiapkannya sejak awal tentu akan tersiapkan dengan baik.
 

Pilih Menabung atau Asuransi untuk Persiapan Persalinan?

Bagi sebagian dari Anda, biaya kehamilan dan persalinan termasuk dalam persiapan keuangan sebelum menikah. Pilihannya bisa berupa mempersiapkan dengan tabungan atau dengan asuransi. Mungkin Anda bingung untuk menentukan pilihan antara menabung dengan menggunakan asuransi untuk persiapan persalinan.
  1. Anda perlu mempertimbangkan hal berikut sebelum pilih cara menabung atau menggunakan asuransi : 1. Jika Anda memilih untuk menabung maka Anda dan pasangan harus disiplin dan konsisten untuk mengatur alokasi uang bagi tabungan dan mengelola masalah pengeluaran. Ini karena target jumlah saldo tabungan sampai hari persalinan harus lebih besar dari rincian yang Anda perkirakan untuk biaya persalinan.
  2. Jika Anda memilih asuransi untuk persiapan persalinan, maka pilihlah untuk menggunakan asuransi ini cocok bagi Anda dan pasangan yang sudah merencanakan kehamilan jauh-jauh hari. Ini karena biasanya nasabah yang mendaftar untuk asuransi kehamilan harus menunggu 9-12 bulan untuk menunggu dana bisa diproses.

Selain itu, perusahaan asuransi akan membayar mayoritas biaya-biaya persalinan tersebut, dan sebagai pemegang polis, Anda cukup membayar biaya minimumnya saja. Jadi, kedua pilihan ini memiliki kelebihan masing-masing. Jadi, pertimbangkan pilihan Anda dengan mendiskusikannya bersama pasangan.

 
Jangan lupa untuk membuat perhitungan dan pertimbangan sebelum membuat keputusan. Sebaiknya ini menjadi salah satu persiapan keuangan sebelum menikah agar lebih terencana dalam mempersiapkan persalinan.