News

Samsung Dikabarkan Akan Luncurkan Ponsel Dengan Layar Tekuk Pada Awal 2017

[Foto: phonearena.com]
Sejak tahun 2008 lalu, Samsung telah menunjukkan minatnya pada ponsel yang ditekuk (atau dilipat), sejak perusahaan asal negeri gingseng itu menunjukkan prototipe perangkat dengan layar OLED yang bisa dilipat pada saat pameran Society for Information Display (SID).

Menurut laporan Bloomberg, kini Samsung nampaknya sudah siap meluncurkan dua smartphone yang bisa ditekuk pada awal 2017.

Perangkat tersebut dikabarkan akan menggunakan layar OLED. Meskipun detail perangkat tersebut masih belum begitu jelas, namun bisa disimpulkan bahwa perangkat tersebut merupakan kombinasi antara ponsel dan tablet. Satu perangkat lagi menyerupai sebuah ponsel yang dilipat menjadi dua bagian—serupa dengan flip phone tapi memiliki layar di kedua sisinya.

Yang jelas, perangkat ini bukan hanya sekedar wacana saja karena Samsung sendiri sudah memiliki teknologi untuk membangun perangkat seperti itu. Bahkan, pada tahun 2014, perusahaan ini merilis sebuah video mengenai konsep ponsel yang bisa dilipat dan menjadi tablet.

“Produk ini bisa menjadi sebuah game-changer jika Samsung bisa menyajikan sebuah user interface yang cocok untuk layar tekuk,” kata Lee Seung Woo, seorang analis di IBK Securities Co. di Seoul. “Kemungkinannya mereka akan meluncurkan perangkat tersebut pada tahun depan. Kendala terbesar mereka dalam pembuatan perangkat ini terletak pada bagaimana mereka bisa membuat plastik transparan yang bisa tahan lama. Nampaknya, sekarang kendala ini sudah bisa terlewati.”

Menurut seorang sumber yang tidak ingin disebutkan namanya, perangkat ini akan menggunakan dioda pemancar cahaya organik yang mungkin akan diluncurkan pada awal 2017. Ia pun menambahkan bahwa Samsung mungkin akan mempersiapkan peluncuran satu atau bahkan kedua ponsel ini di Mobile World Congress di Barcelona pada tahun depan, yang biasanya berlangsung pada akhir Februari. Ponsel yang saat ini diberi codename “Project Valley” ini rupanya tidak akan menjadi bagian dari lini Samsung Galaxy S.

Jangan lupa ikuti kami di Twitter untuk mendapatkan update terbaru dari @LabanaID