Home  »  News   »  
News

Samsung Disinyalir Segera Luncurkan Smartphone Layar Lipatnya Tahun Ini

Ilustrasi smartphone layar lipat [Foto: Screenshot YouTube/IndVideos]
Rumor mengenai rencana Samsung untuk membuat smartphone yang bisa dilipat telah lama kita dengar, namun hingga saat ini, rumor tersebut masih belum juga terkonfirmasi kebenarannya. Tapi adanya selentingan mengenai Samsung yang berniat untuk mewujudkan smartphone lipat kembali menghangatkan topik tersebut.

Dalam beberapa tahun terakhir, Samsung kemungkinan telah mengembangkan teknologi smartphone dengan layar yang bisa dilipat. Walaupun belum ada bukti otentik yang membenarkan rumor tersebut, baru-baru ini sebuah situs berita Korea Selatan ETNews mengatakan, smartphone lipat tersebut kemungkinan bakal diluncurkan tahun ini.

Sebuah prototip dari perangkat terbaru Samsung itu dikabarkan akan segera diluncurkan dan dikirimkan kepada partner-partner perusahaan asal Korsel tersebut agar bisa diujicoba. Namun nampaknya, kalaupun dirilis tahun ini, smartphone lipat tersebut belum akan tersedia di pasar komersil. Kabarnya hanya akan ada beberapa ribu unit saja yang diproduksi untuk tahap awal, sebelum diluncurkan secara massal tahun 2018 mendatang.

Laporan ini mendukung laporan sebelumnya yang dimuat di Korea Herald, yang mengindikasikan Samsung akan merilis produk tersebut pada kuartal ketiga tahun ini, diharapkan sebanyak “lebih dari 100.000 unit.”


Rumor yang sama mengatakan smartphone tersebut akan dibuat dengan display ber-resolusi 4K, yang dinilai terlampau ambisius mengingat besarnya daya yang dibutuhkan untuk layar semacam itu. Beberapa menilai layar Quad HD (2K) seperti yang ada pada Galaxy S7 lebih masuk akal.

Secara teori, konsep smartphone dengan layar terlipat sebetulnya cukup bisa diterima. Dengan desain seperti itu, pengguna bisa memiliki ponsel dengan laayar sebesar tablet, namun tetap bisa menyimpan ponsel tersebut di saku. Konsep ini juga bisa menjadi poin unik dari produk Samsung yang ditawarkan kepada pengguna dalam kompetisinya dengan Apple di pasar smartphone premium.

Menurut laporan ETNews, Samsung telah menunjukkan prototip awal dari perangkat tersebut kepada beberapa perusahaan penyedia jaringan seluler besar di Mobile World Congress di Barcelona awal tahun ini.

Proyek smartphone layar lipat dinamai “Project Valley” atau “Galaxy X,” menurut laporan PC Advisor.

Samsung, seperti halnya perusahaan teknologi lainnya, tidak segera memberi komentar untuk menjelaskan berbagai rumor mengenai produk terbaru mereka. Namun, formulir pendaftaran hak paten yang diajukan perusahaan elektronik tersebut di bulan November lalu memberi gambaran mengenai rupa smartphone lipat itu.

Jika sedang dalam keadaan terbuka, fisiknya mirip smartphone pada umumnya, namun agak lebih panjang. Namun perlu diingat, walaupun perusahaan teknologi telah mendaftarkan paten untuk produknya, tak berarti hasil akhirnya akan mirip dengan yang digambarkan dalam paten tersebut. Jadi bisa saja, rupanya akan berbeda saat Samsung benar-benar meluncurkannya nanti. Jika penasaran, bisa lihat video yang menggambarkan smartphone layar lipat di sini.

Samsung telah berbicara mengenai kemungkinan produk dengan layar yang bisa dilipat sejak 2013 lalu. Nampaknya, rencana tersebut akan segera jadi kenyataan.