News

Samsung Gandeng Alibaba Perluas Layanan Samsung Pay di Tiongkok

[Foto: samsung.com]
[Foto: samsung.com]
Samsung dilaporkan menggandeng afiliasi keuangan Alibaba pada pembayaran mobile untuk memperluas layanan Samsung Pay di Tiongkok.

Samsung dalam pernyataannya mengatakan bahwa dengan kemitraannya ini, Samsung Pay—sistem pembayaran mobile dari raksasa elektronik ini—dapat digunakan pada platform e-commerce terbesar di Tiongkok, Alipay. E-commerce yang merupakan afiliasi dari Alibaba ini dikabarkan memiliki lebih dari 450 juta pengguna terdaftar di Tiongkok.

Kemitraan baru ini bisa memberikan Samsung kesempatan untuk meningkatkan penjualan di pasar Tiongkok yang besar. Selama ini, Samsung kesulitan untuk berkembang di pasar Tiongkok meskipun mereka memiliki ambisi yang besar pada pasar ini. Beberapa tahun terakhir ini, pasar ponsel telah menjadi fokus utama bagi Alibaba. Hal ini terjadi karena mayoritas penggunanya lebih tertarik untuk mencari produk dan melakukan pembayaran melalui ponsel mereka.

Kemitraan ini diharapkan dapat memperluas jangkauan Samsung Pay, yang telah tersedia di Tiongkok sejak bulan Maret lalu. Sebelumnya, mereka juga sudah bekerja sama dengan China UnionPay, bank yang mendominasi bisnis pembayaran antar bank di Tiongkok. Sementara itu, Apple Pay yang merupakan saingan layanan ini, sudah memulai debutnya di Tiongkok sebulan sebelumnya.

“Kami sangat antusias bisa bekerja sama dengan Alipay untuk memperluas layanan Samsung Pay di Tiongkok. Sambutan yang kami dapatkan sejak pertama kali layanan ini diluncurkan sangatlah positif … Kami ingin membuat Samsung Pay tersedia bagi sebanyak mungkin konsumen di seluruh dunia, sehingga semua orang dapat memiliki kesempatan untuk menikmati kesederhanaan, keamanan dan kenyamanan solusi pembayaran mobile ini.” — Injong Rhee, kepala divisi riset dan pengembangan untuk layanan perangkat lunak Samsung

Samsung Pay saat ini baru tersedia pada perangkat  Samsung Galaxy S7, Galaxy S7 edge, Galaxy S6 edge+, Galaxy Note 5, Galaxy A5 2016, Galaxy A7 2016, Galaxy A9 2016 dan Galaxy A9 Pro di Tiongkok.

Jangan lupa ikuti kami di Twitter untuk mendapatkan update terbaru dari @LabanaID