Home  »  Tips & Guide   »  
Tips & Guide

Samsung S8 Boros? Coba Cara Ini Untuk Menghemat Penggunaan Baterai

[Sumber: Pexel]
Sudah bukan rahasia lagi bila Samsung Galaxy S8 dan S8+ merupakan ponsel Android terbaik yang pernah Anda. Namun jika Anda menggunakan fitur, seperti Bixby Voice dan Samsung’s Stellar Camera dipastikan daya baterai ponsel akan cepat berkuras.

Untungnya, Samsung memiliki program bawaan yang sangat berguna untuk menghemat daya baterai ponsel Anda. Keunggulan ini lah yang bikin pengguna gak perlu repot mengunduh aplikasi ketiga. Berikut ini tersajikan cara terbaik untuk memperpanjang kualitas baterai Anda.

Langkah 1: Matikan Aplikasi yang Menguras Baterai

Bila Anda menyadari kalau kualitas baterai menurun beberapa hari terakhir ini, salah satu penyebabnya bisa jadi karena aplikasi tertentu yang berat dalam pemakainnya. Kebanyakan pengguna pasti langsung meng uninstall aplikasi tersebut namun dengan S8/8+ Anda bisa menidurkan aplikasi sepanjang tidak sedang dipergunakan.

Caranya sangat lah mudah. Kunjungi aplikasi penyuntingan lalu klik ‘Device Maintenance’ dan klik ‘Battery’. Selanjutnya Anda dapat memeriksa aplikasi apa yang paling banyak menguras baterai. Urutan terbesar terletak di paling atas daftar. Dengan ini, Anda bisa menganalisis aplikasi apa yang dapat ditidurkan atau uninstall.

Bila ingin menidurkan aplikasi silahkan klik ‘Save Power’. Sekedar saran alangkah baiknya Anda melakukan ini secara berkala, misalnya setiap malam hari usai menggunakan ponsel.

Anda pasti akan menemukan aplikasi, seperti Facebook, Instagram dan Twitter makan banyak sekali daya baterai. Bila Anda tidak bisa jauh-jauh dari media sosial mungkin bisa mempertimbangkan untuk menggunakannya via browser.

Langkah 2: Atur Mode Hemat Daya

Baca Juga:  Apple AirPods Disinyalir Tidak Akan Dirilis Ke Pasaran Pada Tahun Ini

Mode hemat daya di S8 dapat diakses dengan menggunakan aplikasi settings lalu klik ‘Device Maintenance’ dan ‘Battery’. Pada fitur hemat daya, Anda diberikan dua mode yang berbeda untuk memperpanjang masa pakai baterai,


Pertama, ‘Mid Mode’ memungkinkan ponsel untuk menurunkan kualitas kecerahan dan resolusi layar hingga 2220×1080, serta mematikan penggunaan internet. Sementara, ‘Max Mode’ akan jauh menurunkan resolusi layar ke 1480×720 serta membatasi kinerja CPU hingga 70% dari kemampuan penuhnya.

Langkah 3: Matikan Fitur Always On Display

[Sumber: https://www.cnbc.com]
Banyak pengguna yang menyukai fitur ini namun walaupun ponsel seakan dalam keadaan mati karena hanya menyajikan latar gelap, tetapi ponsel tetap menyala dan akan menguras baterai karena terus menggunakan data untuk meng-update aplikasi. Bahkan bisa jadi menurunkan kualitas baterai di masa depan.

Bila Anda tidak akan menggunakan ponsel dalam waktu lama, misalnya ketika tengah mengisi daya. Ada baiknya mematikan fitur ini.

Langkah 4: Matikan Fitur Smart Stay

 

Fitur ini memang sangat berguna karena dapat membuat layar S8 tidak akan pernah mati jika Anda tengah menatapnya. Smart Stay menggunakan kamera depan untuk mengidentifikasi wajah dan mata Anda. Sayangnya, fitur ini sangat menguras baterai hingga lebih baik dimatikan saja.

Langkah 5: Aktifkan Fitur Keep The Screen Off

Baca Juga:  Ingin Menaikkan Traffic di Instagram? 4 Tools ini Bisa Dicoba!

Siapa sih yang gak betah melihat layar megah super AMOLED? Bahkan bila S8 berada di ruang yang gelap secara otomatis perangkat akan menyala. Walaupun terkandang membantu tapi seringkali menyebalkan juga, contohnya diletakkan di dalam kantong namun malah terang benderang.

Hal ini berisiko daya baterai akan terus berkurang sepanjang hari. Ada baikknya Anda mengaktifkan fitur ‘Keep The Screen Off’ agar layar ponsel tetap dalam keadaan mati ketika memang tidak sedang dipergunakan.