News

Samsung Siap Luncurkan Kartu UFS, Penerus Kartu microSD

[Gambar: engadget.com]
Apa yang akan menjadi alternatif kartu microSD untuk pilihan removable storage yang ada saat ini? Samsung baru-baru ini mengumumkan solusinya dengan kemunculan kartu memori UFS (Universal Flash Storage) pertama di dunia. Menurut laporan, kartu UFS ini menawarkan kapasitas sebesar 32, 64, 128, atau 256 GB dan performa yang diklaim jauh lebih cepat dari pendahulunya.

Menurut keterangan Samsung, kartu UFS ini memiliki read speed yang mencapai 530 mbps—lima kali lebih cepat daripada kartu microSD terbaik sekalipun. Itu artinya, kartu ini bisa membaca sebuah film full-HD berukuran 5 GB hanya dalam waktu 10 detik saja. Hal ini tentu saja lebih cepat dari kartu microSD UHS-1 yang baru bisa menyelesaikan hal serupa dalam waktu 50 detik.

Write speed kartu juga dikabarkan meningkat dengan signifikan, bahkan mencapai angka 170 mbps. Dua kali lebih cepat dari kartu microSD tercepat (seperti SanDisk Extreme Pro card yang memiliki write speeds yang mencapai 100 mbps) dan tujuh sampai delapan kali lebih cepat dari kartu microSD biasa.

Samsung menjelaskan bahwa kinerja dengan kecepatan seperti ini sangatlah dibutuhkan mengingat sekarang ini makin banyak video beresolusi tinggi yang dihasilkan oleh smartphone, action camera, drone, atau kamera 360 derajat. Meskipun kartu UFS ini sudah tersedia pada beberapa perangkat (seperti Samsung Galaxy S6 dan Samsung S6 Edge), tapi sejauh ini belum ada produk yang mendukung kartu ini sebagai removable storage.

Secara sepintas, desain kartu UFS ini memang tidak nampak begitu berbeda dengan kartu microSD. Namun, bagian belakang kartu ini jelas berbeda. Sayangnya, informasi mengenai ketersediaan dan kisaran harga kartu UFS ini masih belum diumumkan. Jadi, untuk sementara ini Anda masih harus bersabar sebelum memilikinya. Yang jelas, bisa dipastikan bahwa Samsung akan menjadi perusahaan pertama yang mendukung kartu UFS pada perangkatnya.

Jangan lupa ikuti kami di Twitter untuk mendapatkan update terbaru dari @LabanaID