Home  »  News   »  
News

Samsung Tambahkan Motion Controller pada Gear VR Terbarunya

[Foto: Samsung.com]
Samsung telah meramaikan pasar perangkat virtual reality (VR) dengan produknya, Gear VR. Tak heran, produk tersebut kini menjadi salah satu produk terpenting Samsung, mengingat VR kini tengah mendapat banyak perhatian dari para penggemar teknologi di seluruh dunia. Selain itu, adanya Gear VR sepertinya telah melecut raksasa teknologi Korea Selatan tersebut untuk terus berinovasi dengan produk-produk generasi terbaru.

Sejak versi paling awal dari headset VR tersebut diluncurkan 2014 lalu, kita telah menyaksikan perkembangan penting bagi platform VR perusahaan tersebut. Kali ini, Samsung kembali memamerkan hasil inovasinya.

Pada gelaran Mobile World Congress, Samsung telah menghembuskan kabar mengenai versi baru Gear VR mereka. Walaupun detailnya masih belum jelas, perangkat baru ini sudah pasti dibekali dengan handheld controller, seperti yang diberitakan oleh perusahaan tersebut.


Dalam hal ini, Samsung jelas mencoba untuk menandingi Google Daydream View yang memiliki motion controller. Seperti halnya yang ada pada Daydream, controller dari Gear VR bukan berfungsi untuk memberi level presisi yang diberikan HTC Vive atay Oculus Rift dengan Touch. Fungsi dari controller Samsung adalah untuk memberi pengguna keleluasaan untuk mencoba metode-metode pergerakan baru jika menu navigasi yang ada pada gestur wiimote-esque dan alat pengontrol pergerakan sedang berada jauh dari perangkan Gear VR.

Samsung juga telah mencoba untuk memperkenalkan penggunaan game pad eksternal pada Gear VR, khususnya ketika pengguna memainkan game yang kompleks, seperti Minecraft. Namun tingkat adopsi game pad di kalangan pengguna Gear VR masih rendah.

Gear VR yang baru cocok dengan perangkat Samsung Galaxy S7, S7 edge, Note 5, S6, S6 edge, and S6 edge+.

Samsung belum memberi banyak detail mengenai perangkat VR-nya, khususnya di sisi harga dan ketersediaan. Namun perusahaan tersebut berjanji untuk segera merilis detailnya dalam beberapa minggu ke depan. Sementara itu, Gear VR mungkin bisa sedikit ‘menutupi’ keterlambatan Samsung dalam merilis produk-produk smartphone terbarunya.

Sementara itu, pada gelaran yang sama, Samsung telah mengundang para hadirin untuk menyaksikan gelaran ‘Unpacked’-nya, yang akan diselenggarakan pada 29 Maret 2017 di New York, Amerika Serikat. Undangan tersebut memiliki taglineunbox your phone” bersama dengan gambar sebuah kotak dengan sudut-sudut membulat, yang diartikan sebagai siluet Galaxy S8 yang sepertinya akan diluncurkan dalam waktu dekat.

Tahun lalu, Samsung juga mengisi acara di Mobile World Congress dan berbagi banyak berita mengenai produk, dan khususnya menyoroti lini generasi terbaru dari smartphone Galaxy-nya. Tahun ini, nampaknya Samsung akan melakukan hal yang sama di gelaran yang mereka adakan sendiri.