News

SanDisk Perkenalkan Prototipe SD Card 1TB Pertama di Dunia

[Foto: 9to5mac.com]
SanDisk telah memperkenalkan sebuah prototipe SD Card berkapasitas sebesar 1TB yang ditujukan untuk fotografer maupun videografer profesional. Prototipe ini dipamerkan di Photokina dan sepertinya memang ditargetkan bagi orang-orang yang bekerja dengan data 4k atau 8k dan konten beresolusi tinggi lainnya. Tentu saja, dalam bidang ini media penyimpanan berkapasitas sangat besar sangatlah diperlukan karena ukuran datanya juga sangat besar.

“Kami sangat antusias dalam menampilkan teknologi pencitraan yang paling canggih,” kata Dinesh Bahal dari Western Digital. “Enam belas tahun yang lalu, untuk yang pertama kalinya kami memperkenalkan SD card SanDisk 64MB. Dan hari ini kami memperkenalkan SD card berkapasitas 1TB. Selama bertahun-tahun tujuan kami tetap sama; terus berinovasi dan menjadi pionir dalam industri pencitraan. Prototipe SD card SanDisk yang berkapasitas 1TB ini merupakan prestasi yang signifikan seiring dengan cepatnya perkembangan konten beresolusi tinggi dan aplikasi berkapasitas tinggi seperti virtual reality, video surveillance dan video 360 derajat.”

Dua tahun lalu, SanDisk juga telah meluncurkan 512GB Extreme Pro SDXC UHS-I memory card pada event yang sama. Kartu tersebut sudah dapat dibeli, namun Anda harus merogoh kocek sebesar $600 (setara Rp 7,8 juta). Jadi, sepertinya kartu memori versi 1TB ini akan jauh lebih mahal daripada pendahulunya.

SanDisk sendiri tidak memberikan rincian harga maupun kapan kartu tersebut akan diluncurkan, tapi bisa dipastikan bahwa kartu tersebut akan segera dilempar ke pasaran. Bagi para fotografer dan videografer profesional, adanya kartu ini tentu akan sangat membantu. Tapi bagi pengguna biasa (seperti saya), SD card ini mungkin terlewat mahal dan overprice. Alasannya sederhana saja, akan jauh lebih murah membeli HDD Eksternal berkapasitas 2TB dibandingkan membeli SD card ini.

Jangan lupa ikuti kami di Twitter untuk mendapatkan update terbaru dari @LabanaID