Home  »  News   »  
News

Sebentar Lagi Anda Bisa Siaran Langsung dengan Instagram Live Video

[Gambar: blog.instagram.com]
Fitur Live Video di Instagram yang telah ditunggu-tunggu akhirnya akan diluncurkan secara bertahap untuk seluruh penggunanya dalam beberapa minggu ke depan ini. Sebelumnya, termasuk di Indonesia, fitur ini baru tersedia bagi akun-akun populer yang terpilih, seperti selebriti maupun buzzer. (Akun Instagram Dian Sastro, misalnya, sudah pernah memulai sebuah Live Video).


Live Video merupakan sebuah fitur yang memungkinkan penggunanya untuk memposting video secara real time. Berbeda dengan postingan Instagram Stories biasa, siaran Live Video tidak akan bisa disimpan selama 24 jam. Itu artinya, jika Anda melewatkan Live Video tersebut, maka Anda tidak akan bisa menontonnya.

Untuk mengetahui apakah sebuah akun tengah menyiarkan Live Video, Anda bisa melihatnya pada jajaran ikon Instagram Stories yang terletak di bagian atas layar Instagram. Ikon akun seseorang yang tengah siaran langsung akan bertuliskan ‘Live’.

Pada Live Video ini, Anda bisa berinteraksi secara langsung dengan pengunggah maupun sesama penonton melalui kolom komentar. Di sana, Anda juga bisa melihat komentar-komentar yang diposting oleh pengguna lain yang tengah menyaksikan siaran langsung. Di samping kolom komentar, terdapat ikon hati untuk mengirimkan hati pada Live Video tersebut.

Untuk memulai sebuah Live Video atau siaran langsung, Anda cukup menyapu layar Instagram ke sebelah kanan, lalu memilih opsi Start Live Video pada kamera. Sebuah Live Video memiliki durasi maksimal 60 menit (1 jam). Perlu dicatat, tidak akan ada opsi untuk menyimpan video tersebut. Jadi, jika Anda ingin menyimpan video yang Anda rekam sebaiknya Anda gunakan saja fitur Instagram Stories atau Video biasa. Selain itu, kelak Anda bisa melihat video-video Live populer yang tengah berlangsung pada tab Explore.