LABANA.ID
  • Home
  • Editor’s Pick
  • News
  • Opinion
  • Review
  • Tips & Guide
  • About
Home  »  Opinion   »  
Opinion November 3, 2016

Seberapa Penting Desain untuk Branding Produk?

[Foto: pexels.com]
[Foto: pexels.com]
Products are made in factory, but brands are created in the mind. Kutipan dari Walter Landor tersebut barangkali cocok menjadi pembuka setiap kali kita berbicara tentang brand. Brand adalah identitas. Lebih dari sekadar merk, brand mengkonversikan sebuah produk atau kategori ke dalam sesuatu yang memiliki arti bagi konsumennya. Air mineral meskipun dikemas ke dalam botol jika tanpa label tetaplah sebuah air mineral. Ia tidak berbeda dengan air minum yang ditadah dalam teko atau wadah lain. Namun, akan berbeda jika kemudian dalam wadah air mineral tersebut diberi label Aqua atau Aquaria atau apapun itu namanya.

Alih-alih sekadar dikenal sebagai sebuah merk, melalui brand, sebuah produk akan memiliki nilai yang berbeda bagi para konsumennya. Brand memberikan pembeda pada sebuah produk. Ia memberikan semacam “janji” yang menunjukkan pada hal apa sebuah produk tersebut diposisikan. Brand juga menjanjikan sebuah komitmen yang dibuat oleh perusahaan kepada konsumennya.

Sementara, branding merupakan suatu kegiatan untuk membuat nama, simbol, ataupun identitas yang berfungsi untuk membedakan satu produk dengan produk lainnya. Dengan kata lain, bisa dibilang branding adalah proses menunjukkan keunikan dari bisnis dan dapat membuat bisnis tersebut lebih menonjol dibandingkan para pesaingnya.

Baca Juga:  Tips Agar Brand Anda Selalu Diingat oleh Calon Konsumen dan Pelanggan

Dalam proses branding, terdapat beberapa hal yang penting untuk diperhatikan. Salah satunya adalah pengemasan melalui desain yang kreatif. Tanpa desain yang baik, strategi branding dan pengemasan akan sulit untuk dilakukan dengan maksimal. Sebab, desain dalam sebuah branding dapat mempengaruhi persepsi bagi seorang calon konsumen untuk nantinya melakukan pembelian.


Mulai dari logo

Apa fungsi sebuah logo bagi sebuah produk? Logo ibaratnya adalah sebuah ciri khas. Ia mewakili identitas dan pesan yang dibawa oleh sebuah produk kepada konsumennya. Melalui logo, tujuan dari produk dapat tersampaikan. Logo juga memberikan sebuah “keindahan” bagi produk yang akan dipasarkan, sehingga dapat menarik lebih banyak calon konsumen.

Pada dasarnya, dalam sebuah logo terdapat tiga komponen utama, yakni keunikan, makna, dan terakhir adalah warna. Keunikan menjadi syarat utama dari sebuah logo karena hal itu dapat membantu calon konsumen untuk membedakan brand kita dengan brand lainnya. Yang kedua, dalam keunikan tersebut, pastikan terdapat makna yang dapat ditangkap oleh orang lain. Simbol-simbol dalam sebuah logo dapat diwujudkan dalam berbagai bentuk maupun warna. Elemen ketiga, yakni warna. Warna memiliki makna tersendiri bagi sebuah citra sebuah produk. Beberapa orang menyebutkan, warna dalam sebuah logo mempengaruhi sisi psikologis calon konsumen. Warna tertentu dapat diartikan sebagai sebuah kesegaran. Bisa juga mengandung arti pemberani, kuat, enerjik, dan lain sebagainya.

Baca Juga:  Apa Sih yang Dimaksud "Buzzer" di Media Sosial?

Website, brosur, hingga merchandise

Sebagai sebuah bisnis, pastinya Anda menginginkan sebuah produk yang Anda ciptakan nantinya akan dikenal oleh semua orang. Maka proses mendesain idealnya tidak berhenti pada logo. Di era digital ini, website menjadi penting sekali keberadaannya sebagai bagian dari bisnis. Entah hanya sekadar berfungsi sebagai company profile atau bahkan digunakan sebagai produk itu sendiri (e-commerce, social media, dll), intinya sebuah website dibutuhkan oleh produk untuk proses branding. Di sini, desain untuk website tak kalah penting dengan proses desain untuk logo.

Tak puas hanya bergerak di digital branding, desain untuk offline branding juga penting untuk diperhatikan. Sebagai contoh, kita juga mungkin harus menyiapkan brosur ataupun merchandise yang berhubungan dengan produk. Dalam hal offline branding, logo yang unik bisa jadi sebuah aset untuk monetisasi selain dari penjualan produk itu sendiri. Seperti contoh, logo Android banyak diproduksi dalam bentuk boneka karena unik dan lucu.

Jika persiapan desain dalam branding sudah terpenuhi dengan maksimal, bisa dikatakan proses branding siap untuk digencarkan. Sekarang tinggal bagaimana Anda sebagai pemilik produk memilih strategi dan tools yang paling tepat untuk melakukan branding terhadap produk yang Anda ciptakan.

Baca Juga:  Konselor Presiden AS Sebut Microwave Bisa Jadi Alat Mata-Mata, Benarkah?
Tampilkan
November 3, 2016 by Ervina Lutfi
Opinion   brand, branding, desain branding, desain produk, digital marketing, logo



Also related

Perkuat Branding Anda Dengan Empat Cara Ini
Melakukan Branding pada Startup
5 Hal Utama dalam Branding di Era New Media
4 Strategi Branding untuk Startup

Trending

  • Ini Cara Tingkatkan Kualitas Video di Android Dengan Mudah
  • Cara Menambahkan Tanda Tangan di Dokumen PDF Pada Android
  • Tidak Tahu Pasword? Gunakan Cara Ini Agar Tetap Terhubung Pada Wifi
  • Cara Memindahkan Kontak Dari Perangkat Android ke iOS
  • 5 Solusi Atasi Start Menu Tidak Bisa Dibuka di Windows 10
  • Cara Menghapus Akun Administrator pada Windows 10

Popular Today

  • Ini Cara Tingkatkan Kualitas Video di Android Dengan Mudah
  • Tidak Tahu Pasword? Gunakan Cara Ini Agar Tetap Terhubung Pada Wifi
  • Cara Menambahkan Tanda Tangan di Dokumen PDF Pada Android
  • Cara Menambahkan Password pada Windows 10
  • Cara Hapus Akun iCloud dan Apple ID Pemilik Sebelumnya
  • 5 Solusi Atasi Start Menu Tidak Bisa Dibuka di Windows 10

Featured

Perencanaan Keuangan Bagi yang Akan Menikah atau Keluarga Muda

July 4, 2020

Gaji 5 Juta Cukup, tapi Gaji 25 Juta Malah Banyak Hutang

March 8, 2020

Platform NusaTalent Bantu Fresh Graduates untuk Cepat Mendapatkan Pekerjaan

September 25, 2018

Ubah Speaker Jadul Jadi Speaker Wireless dengan Bluetooth Audio Reciever

June 19, 2018

Ini Dia 5 Aplikasi Dompet Virtual Terbaik di Indonesia

April 14, 2018

Review: Samsung Galaxy S9, Desain Membosankan, Kameranya Layak Diandalkan

March 16, 2018

Labana.ID - Seputar teknologi dan digital © 2016
About Us | Advertise | Privacy Policy | Disclaimer

Follow us: