News

Segera Ganti Password Yahoo Anda, 500 Juta Akun Penggunanya Telah Dicuri

[Foto: techtimes.com]
Bagi para pengguna layanan Yahoo (Tumblr, Flickr, Fantasy Football), ini adalah saat yang tepat bagi Anda untuk mengganti password akun-akun tersebut. Yahoo baru saja mengkonfirmasi bahwa setidaknya terdapat 500 juta akun yang bocor pada peretasan server Yahoo tahun 2014 lalu.

Seperti yang dikutip dari Mashable, informasi yang bocor di antaranya adalah nama, alamat e-mail, nomor telepon, tanggal lahir, hashed password, pertanyaan keamanan (security question) dan jawabannya.  Untung saja, dalam kasus ini tidak ada informasi kartu kredit maupun rekening bank yang dicuri oleh para peretas. Oleh karena itu, sekali lagi sangat disarankan bagi Anda untuk segera mengganti password Yahoo dan akun-akun pada layanan yang berhubungan dengan Yahoo. Selain itu juga, ada baiknya jika Anda mengganti pertanyaan keamanan dan jawaban pada akun Yahoo Anda, atau pada akun lain yang menggunakan pertanyaan dan jawaban yang sama.

Menurut laporan Recode, kasus peretasan ini sendiri pertama kali terungkap pada bulan Agustus lalu, ketika seorang penjahat kriminal dengan username “Peace” menjual 200 juta kredensial pengguna Yahoo di “dark web.” Informasi yang dijual di antaranya adalah username, password, dan informasi pribadi seperti tanggal lahir dan alamat e-mail alternatif. Pada saat itu, Yahoo menyadari adanya klaim tersebut, namun menolak untuk mengkonfirmasi apakah data yang dijual memang benar-benar asli. Yahoo sendiri akhirnya melakukan investigasi, namun mereka tidak memberi peringatan atau pengumuman pada penggunanya untuk mengganti password akun Yahoo-nya.

Meskipun peretasan ini terjadi dua tahun lalu dan sudah ditangani oleh pihak Yahoo, namun tidak ada yang bisa menjamin bahwa hal ini tidak akan terulang lagi. Oleh karenanya, saya menyarankan kepada Anda untuk mengganti e-mail client yang digunakan. Untuk alternatif Yahoo, Anda bisa beralih ke Gmail atau Outlook.

Jangan lupa ikuti kami di Twitter untuk mendapatkan update terbaru dari @LabanaID