News

Sekarang Bisa Jalankan Ubuntu Secara Alami dari Windows

[Foto: TheVerge.com]
Pada acara Build 2016, 30 Maret 2016, Corporate VP Microsoft Kevin Gallo memberikan kabar gembira bagi para developer di platform Windows. Microsoft Windows akhirnya mendukung command line  (baris perintah) Linux secara alami (native). Command line ini menggunakan Bash shell.

“The Bash shell is coming to Windows. Yes, the real Bash is coming to Windows”

~Kevin Gallo

Kevin Gallo menegaskan kalau dukungan Bash shell ini bukan melalui VM, tapi benar-benar alami langsung di dalam sistem operasi Windows sendiri. Tidak dijelaskan lebih detail seperti apa implementasinya. Kevin hanya menyatakan bahwa hal ini dimungkinkan dengan membenamkan image Ubuntu Linux ke dalam sistem operasi Windows. Canonical, perusahaan di belakanga Ubuntu Linux memang menjadi rekanan Microsoft untuk mewujudkan hal ini.

Apa Gunanya Command Line Linux di Windows?

Dewasa ini banyak sekali perangkat lunak open source yang digunakan dalam pengembangan aplikasi. Baik aplikasi desktop, mobile, maupun website. Sebagian besar perangkat lunak open source tersebut tersedia tanpa antar muka grafis (GUI), jadi hampir segala sesuatunya dijalankan menggunakan baris perintah di konsol.

Perintah-perintah yang ada di konsol Windows (PowerShell, DOS) sangat terbatas jika dibandingkan dengan baris perintah yang tersedia di Linux. Dengan adanya dukungan secara alami Bash shell di dalam Windows, tentunya ini akan sangat membantu para pengembang yang menggunakan Windows sebagai basis sistem operasinya untuk menggunakan perangkat lunak open source tadi.

Tampilannya di Windows

Ini tampilan instalasi Ubuntu di Windows dari Canonical:

[Gambar: hanselman.com]
Tampilan ketika menjalankan Redis:

[Gambar: hanselman.com]
Bukan Benar – benar Hal Baru

Dukungan command line Linux di Windows secara alami sebenarnya bukan benar-benar hal baru. Sebelum ada Ubuntu on Windows ini, sudah ada program yang bernama Cygwin. Fungsinya sama, menyediakan baris perintah Linux secara alami di platform Windows. Hanya saja, Cygwin tidaklah dikembangkan secara resmi oleh Microsoft. Jadi seringkali penggunaannya tidak begitu mulus.

Selain itu Microsoft juga pernah menjalankan proyek sejenis untuk platform mobilenya. Microsoft pernah mengembangkan Project Astoria yang bertujuan untuk menjalankan Android Apps dari Windows 10 Mobile. Tetapi belakangan proyek ini dihentikan.

Windows NT pun dulu sempat memasukkan semacam POSIX Subsystem ke dalam sistem operasinya. Dengan fitur ini, Windows mendukung API UNIX yang sudah distandarisasi. Belakangan namanya diubah menjadi Services For Unix lalu menjadi Subsystem for Unix Applications. Tetapi fitur ini akhirnya dihapus di Windows 8.1

Untuk anda yang menggunakan Windows 10, Ubuntu on Windows ini bisa didapatkan di Windows store sebagai “Anniversary” update.

Jangan lupa ikuti kami di Twitter untuk mendapatkan update terbaru dari @LabanaID