Home  »  News   »  
News

Selain Nonton Video 4K, Nvidia Shield TV Versi Baru Ideal untuk Main Game

[Foto: Nvidia.com]
Pada tanggal 4 Januari 2017 lalu, Nvidia mengumumkan produk home streaming box ShieldTV versi barunya. Model baru ini merupakan pembaruan dari produk Shield TV sebelumnya, dan mendukung streaming video berkualitas 4K HDR. Produk baru ini hadir sepaket dengan sebuah remote control dan stik pengontrol video game.

Menurut keterangan Nvidia, produk Shield TV ini mampu menunjukkan performa tiga kali lebih kuat dibandingkan produk streaming box lainnya di pasaran. Produk ini juga kompatibel dengan Android TV dan memungkinkan penggunanya menonton konten-konten 4K di Netflix, Google Play Movies, dan Vudu dengan nyaman.

Nvidia juga telah menambahkan fitur yang belum pernah ada di Android TV box, yakni Amazon Video di 4K HDR. Produk ini juga memiliki perangkat lunak baru yang beroperasi dengan Android 7.0 Nougat. Nvidia menjanjikan, produk Shield TV versi lama akan mendapatkan pembaruan perangkat lunak bulan Januari 2017 ini.

Fitur-fitur baru pada Shield TV versi terbaru ini sebetulnya juga bisa ditemukan pada software update untuk produk versi lama, yang beroperasi dengan Android Marshmallow. Shield TV versi baru juga mendukung fitur Google Assistant (asisten digital Google yang beroperasi berdasarkan perintah suara), membuat TV box ini menjadi perangkat pertama yang memiliki fitur tersebut selain produk Google dan Pixel.


Selain untuk menonton video, Shield TV juga ideal sebagai perangkat pendukung permainan video (gaming). Shield TV bisa menjalankan game-game Android, atau game-game komputer yang dihubungkan melalui layanan cloud GeForce Now milik Nvidia, atau game-game komputter yang berada dalam jaringan yang sama dengan fitur GameStream dari Nvidia.

Jika Anda memiliki televisi 4K HDR, anda bisa memainkan game komputer dalam resolusi 4K dengan kualitas HDR melalui Shield TV. Cukup keren ya?

Menurut beberapa pihak yang sudah mencoba Shield TV, produk ini mampu menyajikan performa yang sangat memuaskan, khususnya jika digunakan untuk bermain video game. Seperti dilansir dari Pocket Lint, Selasa, 17 Januari 2017, yang paling mengesankan adalah grafik Ultra HD-nya yang sangat jernih dan stabil, sangat jarang terjadi lag. Menurut ulasan tersebut, bermain game dengan Shield TV rasanya sama dengan bermain langsung di PC; sangat lancar dan tanpa gangguan.

Menurut ulasan tersebut, stik pengontrol game-nya juga berkinerja baik. Bentuknya lebih ergonomis dibandingkan versi lama, mirim dengan stik Xbox. Bobotnya pun lebih ringan dan kinerjanya lebih baik daripada model sebelumnya.

Mengakses game yang bisa dimainkan di Shield TV juga lebih mudah berkat Nvidia Games App, yang sudah terpasang pada perangkat. Aplikasi ini mengumpulkan game-game Android dan GeForce Now dalam satu library yang mudah diakses.

Ketika digunakan menonton video 4K di Netflix dan Amazon melalui koneksi Wi-Fi pada televisi berukuran 55 inci, kualitas video dan koneksinya cukup baik. Tak ada buffering atau gambar yang mandek, seperti yang sering terjadi dengan Xiaomi Mi Box Android TV Box.

Shield TV dibanderol seharga $199.99 (sekitar Rp2,7 jutaan), dengan remote control dan stik pengontrol game termasuk dalam paketnya. Namun sayangnya, Nvidia tidak menyertakan kabel HDMI dalam boksnya, mengingat Xiaomi Mi Box yang harganya hanya $69 (sekitar Rp900 ribuan) menyertakan kabel HDMI dalam paketnya. Mungkin karena harga kabel HDMI tak terlalu mahal, jadi diasumsikan pengguna sudah memilikinya atau bisa membelinya di mana saja.