Opinion

Sembilan Kriteria yang Harus Ada Dalam Perencanaan Bisnis Anda

img_580d7e20be298
[Foto: lexacount.com]
Berbicara tentang bisnis online tentunya tidak akan lepas dari topik perencanaan bisnis. Dulu, Anda hanya membutuhkan sebuah perencanaan bisnis yang baik. Tapi kini, Anda membutuhkan sebuah perencanaan bisnis yang baik dan juga kreatif. Tanpa kedua hal tersebut, Anda pasti tidak dapat bersaing di luar sana. Jadi, perencanaan terbaik adalah sebuah perencanaan yang dirancang dengan baik, tidak statis, dan selalu mengikuti perkembangan zaman. Sebaiknya perencanaan bisnis Anda tidak hanya diperuntukkan bagi investor yang ingin berinvestasi dalam bisnis Anda atau hanya dijadikan sebagai pedoman internal. Ingat, perencanaan bisnis itu sangatlah penting untuk mengembangkan bisnis itu sendiri

Berdasarkan metode yang dikenal dengan nama Lean Canvas, jika Anda mampu menjawab pertanyaan-pertanyaan strategis ini, Anda bisa memiliki perencanaan bisnis online yang mampu mengguncang dunia.

Apa masalah yang Anda ingin selesaikan? Pertanyaan ini terlihat mudah, tetapi jawabannya tidak semudah yang dibayangkan. Bisnis online Anda harus bisa menyelesaikan satu atau dua masalah yang dihadapi oleh para pengguna di luar sana. Jika masalah yang Anda selesaikan itu sangat membantu keseharian para pengguna, maka dengan sendirinya bisnis Anda akan menjadi relevan. Para pengguna akan mencari Anda, bukan sebaliknya.

Siapakah pelanggan Anda? Anda perlu mengetahui pengguna seperti apa yang akan menjadi sasaran Anda. Apakah kalangan muda perkotaan yang baru bekerja, atau kalangan wanita yang berumur 40-an ke atas yang berada di luar kota? Luangkan sedikit waktu untuk mengenali dengan pasti siapa yang akan menggunakan produk atau layanan Anda. Sasaran yang tepat akan menentukan penjualan yang baik.

Kenapa harus memilih Anda? Apabila Anda memulai bisnis, hampir bisa dipastikan Anda akan menemukan pesaing. Para pengguna mempunyai pilihan. Jadi, kenapa mereka perlu memilih Anda dan bukan brand yang lain? Cobalah mencari yang paling tepat untuk masalah ini dan saya pastikan setelah ini Anda tidak akan menghadapi masalah meskipun berada dalam persaingan yang sangat ketat.

Apa solusi yang akan Anda berikan? Produk atau layanan yang Anda berikan perlu mempunyai ciri-ciri yang menjawab pertanyaan pertama di atas. Apakah ciri-ciri tersebut? Pastikan ciri-ciri tersebut mudah dimengerti oleh para pengguna.

Jalur apakah yang Anda gunakan? Artinya, bagaimana cara Anda berjualan kepada para pengguna. Apakah melalui distributor di semua wilayah, atau secara langsung, melalui online atau konvensional, atau Anda menggunakan para dropshipper atau bagaimana? Ceritakanlah.

Dari mana sumber pendapatan Anda? Anda perlu mengetahui siapakah yang akan menjadi pelanggan Anda. Apakah para pengguna langsung, atau distributor Anda? Apakah Anda perlu membayar komisi kepada agen-agen dropship Anda, atau bagaimana?

Bagaimanakah struktur pembiayaan Anda? Buatlah daftar pembiayaan yang akan dikeluarkan. Anda perlu mengetahui setiap biaya tetap, biaya operasional dan pengeluaran lain agar Anda dapat membuat perencanaan keuangan yang tepat.

Apakah ukuran yang digunakan untuk mengukur kemajuan Anda? Contoh-contoh ukuran yang dapat Anda gunakan adalah seperti jumlah traffic yang datang ke laman web Anda, berapa lama mereka mengunjungi laman web Anda, jumlah pengikut yang berlangganan pada blog Anda, jumlah pengikut Anda di media sosial tertentu, seberapa banyak pelanggan berbayar Anda, dan lain-lain. Hal-hal tersebut perlu diukur dalam jangka waktu tertentu agar kita dapat mengetahui apakah strategi yang Anda terapkan efektif atau perlu penyesuaian.

Apakah kelebihan Anda yang tidak dimiliki orang lain? Pasti Anda mempunyai suatu kelebihan yang tidak dimiliki oleh pesaing Anda. Apakah para pelanggan mengetahui kelebihan Anda itu, lalu memutuskan untuk membeli barang di tempat Anda, bukan di tempat orang lain?

Dengan terjawabnya pertanyaan-pertanyaan ini, Anda akan dapat melihat arah yang akan dituju, kekuatan dan kelemahan yang ada. Dulu ketika saya mempersiapkan perencanaan bisnis, sasaran saya adalah benua Asia. Saya ingin mengubah cara Anda mendapatkan content untuk media sosial, laman web dan blog dengan berkualitas dan ekonomis. Jawabannya ada pada rancangan Lean Canvas saya yang selalu berubah mengikuti perkembangan zaman. Semakin lama, rancangan Lean Canvas saya menjadi semakin kuat dan ampuh.

Tulisan ini adalah kontribusi dari Azleen Abdul Rahim, seorang content strategist di conper.me, dengan penyesuaian standar LABANA.id.

Jangan lupa ikuti kami di Twitter untuk mendapatkan update terbaru dari @LabanaID