Home  »  News   »  
News

Sempat Tertunda, Akhirnya Smartwatch Braille Ini Diluncurkan Juga

[Foto: DOT]
Bagi masyarakat pada umumnya, teknologi mungkin telah banyak membantu mereka meringankan beberapa pekerjaan. Namun bagi mereka yang hidup dengan keterbatasan fisik, manfaat teknologi yang dirasakan mungkin tak sebesar orang lain. Namun nampaknya hal itu akan segera berubah.

Setelah tiga tahun penantian, Dot Watch Braille Smartwatch akhirnya diluncurkan dan siap untuk dikirimkan kepada pembeli bulan deoan.

Jam tangan pintar yang didesain khusus untuk mereka yang memiliki keterbatasan pengelihatan. Inilah gadget pertama di dunia yang mampu mengirim informasi melalui permukaan jam dengan layar yang bertekstur alih-alih layar digital. Smartwatch ini memungkinkan pengguna untuk mengangkat telefon, memeriksa pesan, mengatur jam dan alarm melalui koneksi Bluetooth yang dihubungkan dengan perangkat pintar lainnya.


Smartwatch ini merupakan sebuah terobosan, karena sebelumnya para penyandang disabilitas mengoperasikan smartwatch mereka melalui perintah dan informasi suara.

Dot Watch menggunakan permukaan Braille yang dinamis yang merupakan hasil penggabungan dari empat sel dari enam komponen bergerak kecil yang menampilkan karakter di layar.

Dua tombol kecil di samping-samping jam memungkinkan pengguna  untuk mengangkat telefon dan membalas SMS. Tombol ketiga dan yang terbesar berfungsi sebagai pengendali jarak jauh untuk perangkat yang terhubung dengan jam pintar. Dot Watch juga mendukung fungsi akselerometer, giroskop, dan navigasi yang terhubung dengan Google Maps.

Desain jam tangan ini jelas sudah dipikirkan dengan baik, dengan detail-detail yang ada untuk membantu memudahkan pengguna dengan keterbatasan pengelihatan. Jam ini dibuat dengan aluminium seri 6.000, jam ini hanya seberat 33 gram. Baterainya li-polymer 400mAh yang bisa bertahan hingga 7 hari sebelum perlu diisi ulang.

Dot, startup asal Korea Selatan yang memproduksi jam ini, telah berupaya mengatasi berbagai kesulitan dalam pembuatan sejak produk pertama kali diumumkan pada 2014. Menurut pendiri perusahaan Eric Ju Yoon Kim, 10o.000 jam tangan pintar akan diproduksi tahun ini.

Nampaknya jam tangan pintar ini juga diminati banyak orang. Tercatat sudah ada 150.000 pemesan dari 15 negara, termasuk dari musisi terkenal Stevie Wonder. Menurut perusahaan, jam ini juga bekerja dengan sebuah perangkat mirip tablet dengan permukaan Braille yang dinamis, yang berperan sebagai e-reader.

Berikut ini video demo-nya.